Senin, 07 Jan 2019 14:00 WIB

Ariel Noah Restorasi Motor Pemberian Ayah

Luthfi Anshori - detikOto
Ariel Noah (Foto: Palevi S/detikFoto) Ariel Noah (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta - Bagi beberapa orang, restorasi kendaraan tua merupakan hal yang mengasyikkan. Ini pula yang dilakukan oleh vokalis band Noah Nazril Irham alias Ariel ketika ia memutuskan membangun ulang Suzuki Shogun 2001 pemberian sang Ayah.

Seperti diunggah di kanal YouTube Ariel Noah, vokalis enerjik tersebut membagikan kisahnya saat ia bersusah payah mengembalikan motor bebek Shogun miliknya ke bentuk semula sesuai standar pabrikan.

"Motor Shogun yang gua pakai ini udah lama banget. Dari SMA gua udah pakai itu. Cuma kemudian dipakai untuk keperluan (orang) rumah yang di Bandung. Pas terakhir pulang, ada laporan, motornya rusak. Pas gua lihat kondisinya udah parah. Akhirnya gua berpikir ah ini harus dibenerin nih, nggak boleh didiemin," kata Ariel dalam vlog (video blog) 'Restorasi Shogun' berdurasi 16.44 menit tersebut yang sudah ditonton ratusan ribu orang.




Motor bebek legendaris Suzuki tersebut memang punya arti tersendiri bagi mantan vokalis Peterpan itu. Sebab, motor itu merupakan warisan dari sang Almarhum Ayah. Sebelum meninggal, Ayah Ariel berpesan agar motor itu jangan dijual. "Terakhir Almarhum bokap bilang, yang ini (motor Shogun) jangan dijual ya. Ini kenang-kenangan biar kamu inget bahwa Papa pernah beliin motor buat kamu sekolah," lanjut Ariel.



Setelah melihat kondisi motor Shogun miliknya secara langsung, Ariel memutuskan untuk segera melakukan restorasi, sembari mendata sparepart apa saja yang rusak dan butuh diganti.

"Paling seru bagian nyari sparepart. Sepatbor depan dapat di toko ini. Standar yang rusak dapatnya di toko ini. Speedometer rusak dapatnya di toko ini. Jadi kayak ngumpulin puzzle. Pas nyari sparepart minta tolong sama teman juga, namanya Eeng buat bantu nyariin," kata pria yang gemar melontarkan kalimat 'kalian luar biasa' saat di panggung.

Karena tidak memiliki perlengkapan bengkel yang memadai, Ariel pun menyerahkan pengerjaan restorasi Shogun ini ke salah satu bengkel langganannya semasa SMA.

"Akhirnya kita cari tempat yang bisa assembled-nya. Karena kalau di rumah sendiri ribet. Alat-alatnya nggak semua ada. Kalau misalnya ada kendala apa gitu kan butuh profesional. Akhirnya diputusin dibawa ke bengkel Mas Yo aja deh," terang pria beranak satu ini.

Suzuki Shogun yang direstorasi Ariel hampir semua part-nya diganti karena hampir semua part-nya sudah tua. Komponen yang diganti seperti bodi, rem cakram, ban, sokbreker, dan dudukan swingarm.

"Blok mesin masih pakai yang lama cuma ngebersihannya memang agak repot. Akhirnya dibantuin (bersihin) sama tetangganya Mas Yo. Jadi lumayan oke lho," katanya antusias.

Meski secara keseluruhan sudah jadi, motor Shogun Ariel belum dipasangi sticker asli yang belum dipasang.

"Memang agak susah nyarinya, apalagi warna asli yang pas pertama dibeli. Tapi seenggaknya semuanya udah oke. Dan waktunya tes di jalan," lanjut Ariel.

Di akhir vlog, pria kelahiran Bandung ini pun mengaku puas bisa memperbaiki kembali motor Shogun pemberian sang Ayah.

"Akhirnya gua seneng banget ya. Senang karena gua bisa jaga apa yang diamanatin almarhum bokap. Jadi barangnya tetap ada di sana dan kondisinya baik masih tetap bisa dipakai dan berguna. Jadi yang bokap beli, fungsinya masih bisa dimanfaatkan orang lain. Dan kemungkinan besar sih kalau gua di Bandung gua pakai motor itu aja," pungkas Ariel.

[Gambas:Video 20detik]

(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed