Minggu, 09 Des 2018 06:05 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi Motoran Beraksi ala Ali Topan

Nabilla Putri - detikOto
Foto: BKIP Kemenhub via Instagram Budi Karya Sumadi
Palembang - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengendarai motor saat berada di Sumatera Selatan. Dia mengendarai motor bersama dengan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru.

Menhub menggunggah foto-foto naik motornya di akun Instagramnya. "Tadi pagi saya bersama Gubernur Sumsel, Walikota Palembang dan komunitas motor di Palembang mengikuti city riding dan mengkampanyekan keselamatan berkendara," tulis Budi Karya.

[Gambas:Instagram]



Budi Karya mengenakan jaket biru dengan peta Indonesia mirip dengan jaket yang biasa dipakai bosnya, Presiden Joko Widodo, saat touring naik motor. Soal naik motor, Budi Karya sempat bercanda kalau mengendarai motor itu rasanya seperti menjadi Ali Topan. Hal itu dikatakan Budi Karya beberapa waktu lalu saat mengikuti Presiden Joko Widodo touring. Di Palembang, Budi Karya Sumadi terjun langsung dalam kampanye safety riding bersama 100 bikers dari 18 komunitas motor.

"Iyalah, kita pakai jaket seperti ini biar kelihatan selalu muda," ujar Budi saat di Gunz Cafe Palembang, Sabtu (8/12/2018).

Melalui ajang ini, Budi mengampanyekan keselamatan berkendara, seperti selalu menyalakan lampu motor meski di siang hari. "Kemenhub ingin sekali safety riding menjadi bagian yang penting. Syaratnya (safety riding) mudah, hanya ada tiga, yaitu helm, atur kecepatan, dan persiapkan motor dengan baik," ujarnya.


Dalam acara talkshow bertema "Millenials Connected" ia mengatakan helm menjadi salah satu kewajiban dalam berkendara sehingga ia menyarankan jike memakai helm hendaknya mengaitkan sampai berbunyi 'klik'. Kemudian, dalam mengatur kecepatan juga harus sangat diperhatikan.

"Ya kalau bisa malah dikurangi lah kecepatannya itu," tambah dia. Selain itu, mempersiapkan motor dengan baik juga diperlukan. Jangan sampai berkendara dengan keaadan motor tidak aman. Sehingga ia menyarankan untuk mengambil hal-hal positif dalam berkendara.

"Mana yang positif diambil, yang negatif tinggalkan. Ada motor tidak memakai plat nomor motor jangan kita biarkan, kita ajak bicara. Pasti ada solusinya, dan rekan-rekan milenial pasti ingin ada komunikasi," sambung dia.

Selain 3 poin yang dipaparkan Budi, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menambahkan dua poin dalam safety riding. "Keempat cukup umur dan bisa mengendarai motor," ungkap Herman.

Cukup umur yang dimaksud ialah cukup dalam batas undang-undang yang sudah diatur. Sebab semua yang sudah diatur sudah diperhitungkan dalam keselamatan berkendara.

Dan yang terkhir, dapat mengendarai motor bukan hanya sekadar mengendarai. Namun, juga mengerti rambu-rambu lalu lintas dan menjaga kesopanan dalam berkendara sehingga keselamatan dalam berkendara tetap dilakukan.

Selain itu, Herman berterima kasih atas acara yang dilakukan Kemenhub di Palembang. Menurutnya acara seperti ini dapat mengedukasi para milenial bahkan komunitas yang ada, selain itu juga mengajak dalam berbagai hal kebaikan

Herman kemudian memposting aksinya naik motor bersama Menhub di akun Instagram.

[Gambas:Instagram]

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com