Senin, 03 Sep 2018 17:29 WIB

Yang Tersisa dari Asian Games, Jokowi Jadi Anak Motor

Dina Rayanti - detikOto
Stuntrider yang berperan sebagai Jokowi di pembukaan Asian Games 2018. Foto: dok. Xinhua
Jakarta - Banyak cerita menarik di balik ajang olahraga empat tahunan Asian Games yang diselenggarakan di Jakarta-Palembang 18 Agustus hingga 2 September. Berbagai pihak dilibatkan dalam Asian Games 2018 termasuk presiden Joko Widodo.

Penampilan Jokowi di upacara pembukaan Asian Games 2018 mengejutkan. Wishnutama yang bertindak sebagai Creative Director Opening and Closing Ceremony Asian Games 2018 melibatkan Jokowi dalam acara pembukaan itu.

Jokowi saat itu mengendarai motor yang biasa dikendarai paspampres Yamaha FZ1. Dalam video pembukaan Asian Games, Jokowi tampak keren menggunakan moge itu.

Dalam video itu, Jokowi terjebak kemacetan karena pendukung Indonesia berbondong-bondong menuju GBK. "Ya biarkan saja," kata Jokowi.



Jokowi lantas turun dari mobil dinasnya. Ketika keluar, terdapat moge Paspampres. Orang nomor satu di Indonesia itu pun menunggangi moge Paspampres. Tak lupa dia menggunakan helmnya.

Bahkan, Jokowi terekam melakukan aksi freestyle. Mulai dari burn out, stoppie, hingga melompati mobil. Tapi sepertinya adegan berbahaya itu dilakukan oleh stunt-man profesional. Usut punya usut Jokowi bukanlah orang di balik aksi freestyle dalam video opening Asian Games.

Adalah stunt rider dari Thailand yang berperan menjadi Jokowi dalam video tersebut. Hal itu juga membuat jagat sosial media ramai karena ada pihak yang kecewa karena bukan Jokowi di film itu. Ada juga yang membela karena tak mungkin seorang presiden melakukan hal berbahaya dan itu pemakaian jasa stunt rider juga merupakan hal biasa.

Mereka juga menyayangkan soal pilihan stuntrider bukanlah orang Indonesia melainkan orang Thailand padahal kemampuan orang RI pun tak kalah.



Tak berhenti sampai di situ, Jokowi semakin menunjukkan hobinya sebagai anak motor. Dalam banyak pertandingan yang dihadiri Jokowi, ia terlihat memakai jaket anak motor buatan Solo asli.

Jaket berwarna merah bertuliskan Bulls Syndicate di bagian belakang seolah tak pernah lepas dari tubuh orang nomor satu di Indonesia itu. Jokowi pertama kali terlihat mengenakan jaket itu saat menonton atlet wushu Lindswell Kwok berlaga dan mendapatkan medali emas.

Kemudian di beberapa cabor lain, Jokowi juga sering mengenakan jaket seharga Rp 375 ribu itu. Belum habis Asian Games, Jokowi kembali menunjukan minatnya akan sepeda motor.


Masih dalam riuh Asian Games, Jokowi ketahuan memesan motor baru. Jika sebelumnya Jokowi telah memiliki motor bergaya chopper, ia memilih gaya tracker pada motor keduanya. Namun motor yang asalnya Kawasaki W175 itu belum selesai dimodifikasi. Rencananya motor garapan Katros Garage itu bakal dimodifikasi beberapa kali dan dipakai Jokowi dalam salah satu agendanya.

Mungkin ada yang memprediksi motor bakal dipakai Jokowi dalam acara penutupan Asian Games kemarin. Tetapi ternyata Jokowi memilih untuk menonton upacara penutupan Asian Games bersama dengan korban gempa di Lombok. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com