Senin, 20 Agu 2018 17:07 WIB

Salut! Naik Motor Nggak Pakai Helm Duterte Minta Ditilang Polisi

Dina Rayanti - detikOto
Duterte saat naik motor dengan perangkat keselamatan. Foto: Dok.Istimewa Duterte saat naik motor dengan perangkat keselamatan. Foto: Dok.Istimewa
Manila - Saat naik motor, kita tidak boleh mengabaikan keselamatan diri kita sendiri. Untuk itu kita harus tetap menggunakan berbagai perangkat keselamatan saat mengendarai motor.

Helm salah satunya. Helm menjadi salah satu perlengkapan wajib yang harus dikenakan Otolovers sebelum berkendara. Kalau tidak menggunakannya siap-siap ditilang. Bukan di Indonesia saja, di luar negeri pun menerapkan hal serupa.


Di Filipina misalnya, helm juga menjadi perangkat penting ketika naik motor. Jangan seperti Presiden Filipina Rodrigo Duterte yang justru pernah berkendara tanpa helm.

Namun dengan kesadarannya, Duterte justru memaksa pihak kepolisian untuk menilangnya karena tidak memakai helm. Itu sengaja dilakukan Duterte saat mengemban tugas sebagai walikota Davao City 2016 silam untuk mengingatkan kepada warganya akan pentingnya helm.

Mengutip Reuters, Duterte sendiri pernah mengalami cedera leher dan beberapa kecelakaan lain. Ia juga pernah mengendarai motor dengan kecepatan 180 km/jam.


Duterte memang pencinta motor. Ia memiliki deretan motor gede di rumahnya mulai dari Yamaha, Honda, hingga Harley-Davidson. Namun sayangnya ia telah kehilangan hasrat mengendarai motor sejak dilantik menjadi presiden Filipina.

Hal tersebut salah satunya disebabkan karena pengamanan yang ketat oleh para pengawal Duterte. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed