Selasa, 17 Jul 2018 07:08 WIB

Karyawan Fiat Protes Ronaldo, Tapi yang Demo Hanya 5 Orang

Yanu Arifin - detikOto
Ronaldo saat tes medis di Juventus. Foto: Isabella Bonotto/AFP Ronaldo saat tes medis di Juventus. Foto: Isabella Bonotto/AFP
Turin - Kedatangan Cristiano Ronaldo ke Juventus didemo oleh pekerja FIAT. Namun, demo hanya diikuti lima orang saja dari 1.700 pekerja.

Rencana mendemo Ronaldo, yang dibeli Juve dari Real Madrid senilai 112 juta euro, santer terdengar akhir pekan lalu. Pekerja Fiat, produsen mobil yang juga dimiliki bos Juventus Andrea Agnelli, mewacanakan mogok kerja menuntut peningkatan kesejahteraan.




Rencananya, protes akan digelar bersamaan dengan kedatangan Ronaldo sejak Minggu (15/7) hingga Selasa (17/7). Dan ternyata aksi itu benar-benar dilakukan.

Serikat kecil Fiat di pabrik perakitan Melfi di Italia Selatan rupanya benar-benar mogok kerja di shift pertama kerja, Senin (16/7). Tapi seperti dikutip Bloomberg, hanya lima pekerja saja yang ikut demo itu.

Jumlahnya sangat sedikit jika dibandingkan dengan total pekerja Fiat yang mencapai 1.700 pekerja. Artinya, hanya 0,3 persen saja dari total pekerja FIAT yang menentang kedatangan Ronaldo.




Adapun Ronaldo justru mendapat sambutan meriah dari Juventini. Ribuan tifosi Bianconeri menyambut pemilik lima trofi Ballon d'Or saat menyambangi J-Medical saat menggelar tes medis.

Dalam momen itu, Ronaldo mendapat sambutan hangat yang dibalas dengan menandatangani jersey-jersey fans. Ronaldo sendiri banyak diharapkan membawa trofi Liga Champions ke Turin musim depan.

Sebelumnya karyawan Fiat mengungkapkan kemarahan mereka setelah Juventus mengeluarkan puluhan juta euro untuk Ronaldo. Mereka protes karena uang sebesar itu bisa untuk menaikkan gaji karyawan.



"Setelah Higuain, sekarang Cristiano Ronaldo juga? Memalukan. Pekerja Fiat sudah tidak naik gaji selama 10 tahun. Gaji Cristiano akan memberikan kenaikan sebesar 200 euro untuk semua pekerja. Dan FCA (Fiat Chrysler Automobiles) menghabiskan 126 juta euro untuk sponsor selama setahun, 26,5 juta diantaranya untuk Juventus," keluh Gerardo Giannone, seorang operator yang sudah bekerja 18 tahun di unit produksi mobil di Pomigliano D'Arco, seperti dikutip dari AS.

(yna/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed