Jumat, 18 Mei 2018 10:45 WIB

Buat Djarot, Berkendara saat Puasa di Jakarta Ujian Sebenarnya

Ruly Kurniawan - detikOto
Djarot saat ngantor naik motor bulan Oktober 2017 lalu. Foto: Muhammad Fida Ul Haq
Jakarta - Djarot Saiful Hidayat termasuk salah seorang bikers. Dia pun jujur mengakui bahwa sepeda motor adalah kendaraan andalannya. Kepada detikOto, Djarot pun memberikan pesan terhadap para pengendara yang sedang berpuasa di Jakarta.

Saran itu menurut Djarot adalah antara sesama pengemudi di Jakarta. Dikatakan, sebenarnya orang yang berpuasa di Jakarta sangatlah beruntung, khususnya yang berada di jalanan. Soalnya puasa akan benar-benar terasa ketika menjalani aktifitas di ibukota.

"Ujian sebenarnya kalau puasa itu ya di Jakarta. Bagaimana kita mengendalikan emosi, kalau bisa lebih ikhlas, lebih toleran. Jadi kalau puasa di tempat sepi itu mah biasa, tidak terasa. Puasa itu di tempat ramai, orang banyak yang makan sedangkan kita tidak, di jalanan, itu baru puasanya betul," ungkap Djarot yang kini tengah berjuang menjadi gubernur Sumatera Utara saat berkunjung ke kantor detikcom di Gedung TransTV, Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (17/5/2018).

"Jadi, kalau puasa di Jakarta beruntung lah. Karena disini tantangannya banyak," lanjutnya.

Kepada para pengemudi, tambah Djarot, selalu sabar dan ikhlas adalah hal yang patut di tekankan. Jadi, jangan mengeluh kalau jalanan macet dan banyak cobaan. Selalu tekankan bahwa hal tersebut menjadi penguji diri sendiri.

"Jangan mengeluh, sabar saja. Ikhlas, lebih toleran. Karena semuanya adalah ujian untuk diri sendiri agar jadi manusia yang lebih baik. Apalagi ketika di jalanan," tutup Djarot. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com