Jumat, 11 Mei 2018 11:46 WIB

Mirip Putin, Mahathir Mohamad Pakai Mobil Buatan Negeri Sendiri

Dina Rayanti - detikOto
Mahathir Mohamad usai dilantik sebagai Perdana Menteri Malaysia. Foto: Haris Fadhil/detikcom Mahathir Mohamad usai dilantik sebagai Perdana Menteri Malaysia. Foto: Haris Fadhil/detikcom
Kuala Lumpur - Menggunakan mobil buatan negerinya sendiri pastinya menjadi kebanggaan bagi para pemimpinnya. Baru-baru ini misalnya, Presiden Rusia Vladimir Putin mulai menggunakan mobil buatan negaranya, Kortezh saat pelantikan. Padahal Putin sebelumnya menumpangi mobil buatan Jerman Mercedes-Benz S600 Pullman Guard.

Hal serupa dilakukan oleh Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. Saat pelantikannya kemarin, Mahathir tampak bangga menggunakan mobil
merek nasionalnya Proton.



Proton yang ditunggangi Mahathir adalah jenis Perdana yang telah dimodifikasi menyerupai bentuk limosin. Limosin berwarna hitam itu dilengkapi juga dengan pelat 'Proton 2020'.

Sebagai informasi para pejabat pemerintahan di Negeri Jiran Malaysia yang diharuskan memakai mobil buatan negerinya sendiri sebagai kendaraan operasional. Bahkan Malaysia memiliki kebijakan agar kendaraan operasional para pejabatnya ini memang harus menggunakan mobil buatan dalam negeri.

Hal ini terbilang sulit karena Proton tidak memiliki mobil mewah yang bisa ditawarkan ke jajaran pejabatnya. Proton pernah membuat model Saga dan Wira yang dimelarkan agar mirip dengan mobil-mobil para pejabat dari negara lain.

Hingga akhirnya muncul model Perdana pada tahun 1995 yang me-rebadged model Mitsubishi Eterna. Pilihan me-re-badge Mitsubisi Eterna ini karena model tidak dijual di Malaysia. Sama halnya dengan Saga dan Wira, Perdana tidak banyak dimodifikasi. Itu karena Proton menyadari Perdana tidak terlalu laris di pasaran dan pengembangannya membutuhkan banyak biaya.

Sebenarnya Proton Perdana merupakan model re-badge dari Honda Accord generasi kedelapan hanya saja dimelarkan. Mobil ini memang diperuntukkan bagi pejabat Malaysia saja.

Kini Perdana memiliki dua varian mesin yakni 2.0 L dan 2.4 L Premium dengan berbagai fitur di dalamnya seperti lampu LED depan, lampu belakang LED combi, layar TFT 6,2 inchi, sistem navigasi GPS, ABD, EBD, Isofix, ESC, hingga Dual SRS Airbag. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed