Rabu, 18 Apr 2018 11:42 WIB

Mengintip Moge Iring-iringan Presiden AS

Dina Rayanti - detikOto
Trump dikawal moge (Foto: Chip Somodevilla/Getty Images/AFP) Trump dikawal moge (Foto: Chip Somodevilla/Getty Images/AFP)
Jakarta - Setiap pemimpin negara melintas pasti selalu dikawal oleh iring-iringan pengawal. Ada yang mengendarai mobil dan juga motor gede (moge).

Motor juga cukup berperan penting dalam mengawal sang presiden. Untuk itulah motor sering kita lihat berada di barisan depan maupun belakang dalam barikade presiden. Di Amerika Serikat, seperti dikutip Police Motor Units, Rabu (18/4/2018) pasukan pengawal presiden alias Secret Service yang menggunakan motor sudah ada sejak tahun 1917.

Kala itu, Secret Service meminta pada perusahaan penyuplai kendaraan untuk iring-iringan presiden di New York dan Brooklyn untuk menyewa motor. Motor itu akan digunakan sebagai pengamanan tambahan sang presiden seperti dikutip dari situs resmi Secret Service AS.

Sebuah perusahaan motor asal Detroit Henderson Motorcycle Company saat itu menyarankan untuk menggunakan produknya sebagai motor pengawal. Motor-motor itu dibekali mesin empat silinder dengan transmisi tiga percepatan disertai dengan generator listrik, cadangan baterai, pelindung lumpur, braket lampu belakang, dan sadel yang berukuran cukup besar.



Motor itu sempat mengawal Presiden Woodrow Wilson saat berada di area Washington DC. Namun penggunaan motor ini harus dihentikan karena salah satu anggota pengawal mengalami cidera buruk akibat kecelakaan saat sedang mengawal.



Namun para pengawal yang menggunakan motor atau disebut Motorcade Support Unit (MSU) terus diberdayakan pemerintah AS sejak tahun 2001. Mereka yang tergabung dalam MSU sudah dilatih dan tentunya memiliki keahlian khusus terutama untuk mengendarai motor sembari mengawal presiden.

Kini MSU masing-masing mengendarai Harley-Davidson Model FLHTPI. Bukan hanya presiden yang dikawal, MSU juga mengawal Wakil Presiden hingga pejabat asing selama berada di wilayah Washington DC. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed