Jumat, 13 Apr 2018 21:30 WIB

Presiden Jokowi yang Lagi Hobi Motoran

Dina Rayanti - detikOto
Replika motor Kawasaki KLX yang dikendarai Jokowi (Foto: Khairul Imam Ghozali) Replika motor Kawasaki KLX yang dikendarai Jokowi (Foto: Khairul Imam Ghozali)
Jakarta - Presiden Joko Widodo diketahui memiliki hobi motoran. Jokowi sering mengendarai motor bukan hanya saat waktu luang namun juga saat kunjungan kerja.

Bukan motor-motor biasa nih Otolovers yang menjadi tunggangan Jokowi. Mulai dari motor trail, motor chopper hingga motor listrik pun ditungganginya.

Naik motor saat kunjungan kerja ini sudah mulai dilakukan Jokowi sejak Mei 2017 lalu. Kala itu Jokowi menyambangi Wamena untuk meninjau pembangunan jalan Trans Papua di Wamena, kabupaten Jayawijaya, Papua.

Jokowi saat naik motor trailJokowi saat naik motor trail Foto: dok. PUPR

Jokowi tak sendirian, kala itu ia didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono yang juga turut mengendarai motor trail. Ia menggunakan perlengkapan berkendara cukup lengkap mulai dari helm, jaket, hingga sepatu. Motor trail merek Jepang Kawasaki KLX 150 BF dipilih Jokowi menjadi tunggangannya.

Nggak cuma ke Papua saja nih Otolovers Jokowi mengendarai motor trail. Saat mengunjungi tambak udang di kawasan Muara Gembong, Bekasi Jokowi
pun terlihat menunggangi motor yang sama. Jokowi mengaku tidak ada kesulitan dalam menunggangi motor trail Kawasaki KLX 150 tersebut saat melintas di jalan-jalan sempit. Dia mengaku sudah terbiasa.



"Itu yang dulu kan kami simpan (saat dipakai ke Papua). Yang dulu ya dipakai lagi. Nanti punya baru lagi malah belajar lagi. Yang lamalah dipakai," kata Jokowi saat itu.

Jokowi dan Chopperland1Jokowi dan Chopperland1 Foto: Pool/Kementerian PUPR

Tak berhenti sampai motor trail saja nih Otolovers. Jokowi juga kepincut motor Chopperland dari Elders Garage. Pertama kali Jokowi kepincut chopper emas itu pada acara Sumpah Pemuda di Istana Bogor pada 28 Oktober 2017.

Pada saat itu, Elders Garage beserta Andrianka berada di Istana Bogor untuk memamerkan hasil karya mereka. Jokowi sempat menunggangi salah satu motor chopper garapan bengkel tersebut hingga akhirnya memutuskan membelinya dengan harga Rp 140 juta.



Jokowi baru-baru ini terlihat mengendarai motor Chopperland tersebut. Memakai jaket denim biru muda, Jokowi tampil bak tokoh film Dilan 1990. Menggeber Chopperland warna emas miliknya, Jokowi keluar istana menunggangi kendaraan roda dua kesayangannya itu.

Presiden Joko Widodo (tengah) mengendarai motor Chopper Royal Enfield 350 cc saat kunjungan kerja di Sukabumi,Presiden Joko Widodo (tengah) mengendarai motor Chopper Royal Enfield 350 cc saat kunjungan kerja di Sukabumi, Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Kemudian Jokowi naik motor Chopperland emas dan memimpin touring menuju Palabuhanratu, Sukabumi. Dari motor, Jokowi menyapa warga. Dari Kecamatan Bantar Gadung, Sukabumi, Minggu (8/4/2018), Jokowi mampir dua desa untuk meninjau padat karya. Jokowi lalu melanjutkan touring ke Palabuhanratu.

Jokowi dan motor chopper emasnya ada di paling depan rombongan touring. Menhub Budi Karya Sumadi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono
berada di belakang Jokowi dan diikuti rombongan komunitas motor. Di pinggir jalan, warga mendekat ingin melihat Jokowi dan rombongannya. Jokowi pun melambaikan tangan untuk menyapa warga.

Setelah naik Chopperland1 ke Sukabumi, dalam kunjungannya ke Agats, Kabupaten Asmat, Papua, Jokowi memboncengi istrinya, Ibu Negara Iriana naik motor listrik. Dari foto yang diterima detikcom dari fotografer Kepresidenan, Agus Suparto, kunjungan ke Agats, Asmat, Papua, itu dilakukan Jokowi pada Kamis (14/2/2018). Jokowi tampak mengenakan kemeja putih lengan panjang dan celana panjang berwarna hitam. Iriana juga mengenakan baju putih dan celana hitam.

Jokowi naik motor listrik di AgatsJokowi naik motor listrik di Agats Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari


Agus mengatakan perjalanan sepeda motor itu dilakukan Jokowi dari tempat helikopter Kepresidenan Super Puma mendarat, yakni di Pelabuhan Ewer, di pinggir Sungai Aswet, Agats. Dari lokasi itu, Jokowi memboncengkan Iriana menggunakan sepeda motor menuju Kampung Kayeh di Kota Agats, yang berjarak 6-7 kilometer.



Sepeda motor yang digunakan Jokowi bertenaga listrik. Sepeda motor berwarna merah dan berpelat nomor RI-1 itu juga menggunakan transmisi otomatis. Dalam perjalanan motor itu, Jokowi dan Iriana tampak mengenakan helm putih. Jokowi juga mengenakan tas rajut khas Papua, yakni 'noken', yang dikalungkan di leher. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed