Minggu, 01 Apr 2018 16:21 WIB

Ini Dia 20 Mobil Termahal di Dunia Milik Para Pemimpin Negara

Dina Rayanti - detikOto
Mobil Ratu Elizabeth. Foto: Istimewa Mobil Ratu Elizabeth. Foto: Istimewa
Jakarta - Mobil kepresidenan sudah pasti dilengkapi dengan fitur keamanan super canggih. Yang pasti mobil biasanya anti-peluru sehingga para pemimpin negara di dalamnya merasa aman. Belum lagi fasilitas lain yang tersemat di dalam mobil.

Pasti membuat harga mobil itu menjadi mahal dibandingkan model biasa yang tidak mendapat kustomisasi untuk sebuah mobil presiden. Berikut 20 mobil presiden dengan banderol harga mahal seperti detikOto kutip dari The Richest, Minggu (1/4/2018).

1. Bentley State Limosin Ratu Elizabeth
Mendengar merek Bentley pasti yang pertama kali terlintas adalah keeleganannya. Belum lagi harganya yang selangit karena mobil memang proses pembuatannya dilakukan oleh orang bukanlah mesin. Mobil juga bisa dikustomisasi sesuai dengan keinginan konsumen. Untuk sang ratu, pastinya produsen asal Inggris itu menyematkan fitur-fitur canggih yang membuat harga mobil semakin mahal. Menurut The Richest, Bentley State Limousine milik Ratu Elizabeth II ini menjadi mobil petinggi negara dengan harga paling mahal di dunia. Kabarnya kalau mobil ini dijual harganya bisa tembus US$ 15.167.500 yang kalau dirupiahkan mencapai Rp 209 miliar. Wow!

2. Cadillac One 'The Beast' Presiden Amerika Serikat
Mobil yang digunakan presiden Amerika Serikat terpilih, Donald Trump dilengkapi beberapa sistem keamanan yang canggih mulai dari tembakan gas air mata di bemper belakang untuk siapapun yang mengikuti mobil dari belakang dan juga tembakan di dalam bangku penumpang.

'The Beast' ini dibuat untuk menangkal segala serangan mulai dari bagian pintu dan jendela yang anti peluru juga mobil ini terdapat kantong darah sesuai golongan darah presiden, persiapan jika ia mengalami luka-luka juga tabung oksigen. The Beast, memiliki eksterior ala militer dengan tebal hingga 8 inci untuk menahan serangan secara biologikal dan kimiawi. Tak hanya itu, seperti dilansir New York Post, bagian bawah limusin berkapasitas 7 penumpang ini juga diklaim anti bom.

Tidak heran kalau mobil orang nomor satu di Negeri Paman Sam ini memiliki banderol US$ 1,5 juta atau setara dengan Rp 20 miliaran.

Mobil yang digunakan sebagai kendaraan dinas Donald Trump. Foto: Reuters


3. Hongqi Limousine Presiden China
China juga memiliki mobil paling mahal di negaranya. Mobil tersebut adalah Hongqi L5 yang saat ini digunakan sebagai mobil presiden Xi Jin Ping. Merek Hongqi sudah menjadi kendaraan dinas presiden China sejak tahun 1960-an. Tak kalah dengan berbagai merek mobil top dunia, Hongqi L5 ini memiliki banderol US$ 801.624 atau Rp 11 miliaran.

4. Mercedes-Benz M-Class Paus Vatican City
Mobil Mercedes-Benz sudah 80 tahun lebih menyuplai M-Class buatannya untuk digunakan sebagai mobil milik Paus Benedict XVI. Mobil juga dibuat aman dan senyaman mungkin untuk seorang Paus. Harganya juga fantastis nih Otolovers di kisaran US$ 524.990 yang setara dengan Rp 7,2 miliar.

5. Maybach 62 Limousine Raja Thailand
Sama seperti Indonesia, Negeri Gajah Putih Thailand belum memiliki merek mobil nasionalnya. Mercedes Maybach 62 lah yang menjadi pilihan Raja Thailand sebagai mobil untuk menemani kegiatannya sehari-hari.

6. Jaguar XJ Sentinel Perdana Menteri Inggris
Bukan cuma ratu Elizabeth saja nih Otolovers yang mengendarai mobil mewah. Perdana Menteri Inggris pun menggunakan Jaguar XJ Sentinel sebagai mobil operasionalnya. Mobil telah dilengkapi dengan lapisan anti-peluru. Bodi mobil terbuat dari kerangka baja yang paling kuat. Itu berarti mobil tidak ringan. ada juga fitur pijat di dalam mobil jika sang perdana menteri merasa lelah.

Mobil ini juga punya harga yang terbilang fantastis. Kalau ditaksir harganya berada di kisaran US$ 455.025 atau setara dengan Rp 6,2 miliar.

7. Maybach 62 Raja Malaysia
Raja Malaysia dan para petingginya dibekali dengan mobil-mobil buatan Inggris seperti Bentley Amage, Bentley Continental Flying Spur hingga Maybach 62. Maybach 62 ini punya harga yang juga cukup mahal yaitu US$ 394.000 atau setara dengan Rp 5,4 miliar.

Namun ini berbeda dengan pemerintahannya. Pemerintahan Malaysia yang dipimpin oleh Perdana Menteri itu diminta untuk menggunakan mobil buatan negerinya sendiri Proton. Jajaran pemerintahan Malaysia pun menggunakan mobil Proton sebagai mobil dinasnya.

8. Mercedes-Benz S-Class Limousine Presiden Rusia
Mercedes-Benz S-Class Limo dipilih oleh pemerintahan Rusia sebagai mobil untuk sang pemimpin negara. Kabarnya mobil ini memiliki kustomisasi paling mewah yang pernah ada khusus untuk Vladimir Putin. Setirnya didesain dengan menggunakan koin emas serta segudang fitur keamanan yang bisa melindungi Putin saat berada di dalam.

Jika dijual di pasaran mobil memiliki harga yang cukup tinggi, yakni sekitar US$ 251.417 atau Rp 3,46 miliar.

Mercedes-Benz S Class Limousine dipilih jadi mobil dinas presiden Rusia. Foto: Istimewa

9. Mercedes-Benz W221 Presiden Filipina
Presiden Filipina bisa aman dan nyaman ketika bepergian menggunakan Mercedes-Benz W221. Mobil itu sudah dilengkapi dengan lapisan anti-peluru seperti halnya mobil kepresidenan keluaran Mercedes-Benz. Mercedes-Benz W221 ini identik sebagai mobilnya orang kaya dan desain senyaman mungkin untuk para penumpangnya. Berkat fitur yang melimpah tak heran kalau mobil dijual dengan harga US$ 250.547 atau Rp 3,45 miliar.

10. Mercedes-Benz S600 Pullman Guard Presiden India
Selama perjalanan kedinasannya, presiden India menaikki Mercedes S600 Pullman Guard. Mobil ini juga menjadi pilihan beberapa kepala negara. Mobil yang sama juga ditumpangi oleh Raja Arab Saudi saat berkunjung ke Indonesia. Mobil tersebut dibanderol dengan harga US$ 180.000 atau setara dengan Rp 2,48 miliar.

11. Mercedes-Benz S600L Kanselir Jerman
Jerman sudah identik dengan deretan mobil-mobil premiumnya. Namun yang cukup terkenal untuk dijadikan mobil presiden adalah Mercedes-Benz. Sudah bertahun-tahun para pemimpin Jerman mulai dari kanselir hingga politisi menggunakan Mercedes-Benz S Class. Yang paling populer adalah varian Mercedes 300 'Adenauer' dan versi yang dimelarkan 'Pullman'. Mobil dinas kanselir ini memiliki harga US$ 174.890 atau Rp 2,41 miliar.

12. Rolls-Royce Phantom IV Raja Brunei
Mobil keluaran Inggris Rolls-Royce Phantom IV ini pernah menemani Raja Brunei. Meski klasik, harganya masih mahal lho. Mobil ini ditaksir memiliki harga US$ 148.645 atau Rp 2 miliaran.

13. Binz Limousine Perdana Menteri Norwegia
Perdana Menteri Norwegia menggunakan mobil melar yang dikerjakan oleh Binz. Binz memang mengerjakan mobil yang ingin diubah bentuknya. Binz Limousine untuk Perdana Menteri Norwegia ini dibanderol dengan US$ 128.351 atau Rp 1,76 miliar.


14. Hyundai Equus VL500 (550)
Presiden Korea Selatan sering terlihat mengendarai Hyundai Equus VL500 (550) limosin, tiga diantaranya disediakan langsung oleh Hyundai Motors pada tahun 2009 silam. Walaupun mereknya Hyundai, mobil mendapat pengawasan langsung dari BMW atau Mercedes-Benz terutama soal keamanannya.

Sebelumnya para presiden Korsel menggunakan BMW seri 7 sebagai kendaraan operasionalnya. Hyundai Equus VL500(550) versi melar, mulai digunakan sejak tahun 2013. Mobil ini dibanderol US$ 122.180 yang kalau dirupiahkan sekitar Rp 1,68 miliar.

15. Mercedes 600 Pullman Maroko
Varian 600 Mercedes-Benz ini terbilang populer di kalangan pemipin negara. Mobil jenis ini pernah dimiliki oleh Saddam Hussein, Kim Jong Un, dan beberapa pemimpin lain. Saat ini mobil digunakan oleh Raja Maroko Mohammad VI karena merupakan mobil warisan dari sang ayah. Mercedes 600 Pullman milik Raja Maroko ini dibanderol US$ 120.384 yang setara dengan Rp 1,65 miliar.

16. Range Rover Supercharged Presiden Uzbekiztan
Mobil keluaran Inggris ini dikustomisasi sedemikian rupa untuk melindungi sang presiden dari segala macam tembakan yang menyerangnya. Mobil juga didesain senyaman mungkin. Mobil memiliki harga US$ 103.195 atau Rp 1,42 miliar.

17. Mercedes-Benz S350L Presiden Singapura
Tidak memiliki mobil buatan negerinya sendiri, Singapura memilih mobil Mercedes-Benz S350L yang memiliki harga US$ 85.995 atau Rp 1,18 miliar.

18. Toyota Century Royal Perdana Menteri Jepang
Bisa dibilang menjadi pemimpin negara di Jepang bisa dengan bebas memilih mobil-mobil sesuai keinginannya. Seperti diketahui Jepang sebagai salah satu negara yang memproduksi banyak mobil dengan merek-merek ternama.

Perdana Menteri Jepang memilih Toyota Century Royal sebagai kendaraan operasionalnya. Mobil ini memiliki harga US$ 85.500 atau setara dengan Rp 1,17 miliar.

Toyota Century Royal. Foto: Istimewa


19. Lancia Thesis Presiden Italia
Italia juga dikenal dengan produksi berbagai merek ternama. Mobil-mobil itu tak hanya diporduksi buat masyarakat saja tapi juga digunakan oleh para pimpinan negaranya. Presiden Italia menggunakan mobil buatan lokal merek Lancia.

Motor roda tiga Piaggio Ape Calessino juga disiapkan sebagai kendaraan operasional saat presiden sedang berlibur menghabiskan musim panas. Mobil ini dibanderol dengan harga US$ 65.709 atau Rp 905 jutaan.

20. Mercedes-Benz Pullman S600 Presiden Kenya
Mobil ini disebut-sebut sebagai mobil mewah yang dikendarai presiden Kenya Uhuru Kenyatta. Mobil memiliki harga US$ 50.000 atau setara dengan Rp 689 jutaan. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed