Jumat, 23 Mar 2018 17:19 WIB

Kata Jenderal Gatot, Bagus Kalau Mobil Amfibi Diproduksi Massal

Ruly Kurniawan - detikOto
Jenderal Gatot Nurmantyo. Foto: Rachman Haryanto. Jenderal Gatot Nurmantyo. Foto: Rachman Haryanto.
Jakarta - Eks Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo rupanya mempunyai hobi unik di dunia otomotif yakni memodifikasi mobil menjadi bisa jalan di air atau amfibi. Kini, dirinya mengaku punya empat mobil seperti itu. Lantas, apakah akan diproduksi massal?

Terkait hal tersebut, dirinya hanya bisa menjawab sambil tertawa. Tapi Gatot menyebutkan bahwa memproduksi massal mobil amfibi merupakan ide bagus.

"Ya, untuk itu yang penting tidak tenggelam saja lah (saat banjir di Jakarta). Tapi ide bagus nih diproduksi massal," katanya saat berbincang bersama detikOto setelah acara blak-blakan detikcom semalam (22/3/2018).



"Kalau sering-sering banjir di Jakarta, ya saya bisa koordinasi dengan yang punya bengkel atau bila pesanannya banyak lumayan juga sih," gurau Gatot.

Tapi ingat, yang dibuat oleh Gatot bukan mobil ya Otolovers tapi komponen amfibi-nya yakni tabung hingga pedal penggerak. Dengan menggunakan tabung yang menyesuaikan desain bodi mobil, alat tersebut akan ditempelkan pada sisi kanan dan kiri mobil. Jadi, kegagahan kendaraan itu tidak hilang.

Jenderal Gatot dan mobil Range Rover Discovery. Jenderal Gatot dan mobil Range Rover Discovery. Foto: Lamhot Aritonang


"Ini tabungnya di bawah, jadi tidak mengganggu desain mobil. Kita juga desainnya tidak yang gede gitu tabungnya, mengikuti lekukan bodi. Di tengahnya juga ada ruang udara khusus. Untuk menggerakkannya, ada dua gada agar dapat jalan di air maupun darat. Sekarang sudah ada empat mobil saya yang seperti ini, Jeep maupun MiniMOG," papar Gatot.



"Nanti di tengah ada ruang udara juga. Karena saya buatnya di mobil yang besar, tinggi, seperti MiniMOG, maka tidak perlu ganti atau tambahan sesuatu di ban. Kalau jalan di darat juga seperti mobil biasa kok, tidak ada perubahan. Hanya saja saat nyemplung di air baru terlihat modifikasinya," tambahnya. (rgr/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed