Jumat, 23 Mar 2018 15:32 WIB

Jenderal Gatot Punya 4 Mobil Amfibi, Bisa untuk Mancing

Ruly Kurniawan - detikOto
Jenderal Gatot Nurmantyo. Foto: Rachman Haryanto. Jenderal Gatot Nurmantyo. Foto: Rachman Haryanto.
Jakarta - Bukan hanya rajin melindungi bangsa dari segala ancaman, eks Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo juga ternyata rajin berkegiatan di bidang otomotif, khususnya mobil besar seperti Jeep atau MiniMOG. Dirinya pun memiliki mobil yang sudah dimodifikasi dan bisa melintas di air.

Berbincang bersama detikOto, sampai saat ini kegiatannya masih aktif. Kini Gatot pun memiliki empat mobil amfibi.

"Masih. Seperti MiniMOG itu saya ubah menjadi bisa amfibi. Itu masih, masih aktif," paparnya setelah menghadiri acara blak-blakan detikcom semalam (22/3/2018).



"Direkayasa sehingga bisa jalan di darat maupun air. Pikiran saya nanti kalau saya pergi ke Madiun, ada danau di Tawamangu, ya tidak usah tidur di hotel. Jadi tidur di mobil saja sekalian mancing," canda Gatot.

Ia pun menceritakan kegiatannya yang sudah berlangsung cukup lama tersebut. Dibantu dengan beberapa bengkel pilihan, Gatot mengadakan penelitian untuk membuat tabung yang mampu menopang berat mobil sehingga bisa berjalan di air.

Jenderal Gatot dengan Range Rover Discovery.Jenderal Gatot dengan Range Rover Discovery. Foto: Audrey Santoso/detikcom


"Jadi awalnya kita mengadakan penelitian. Ada tabung, itu ditempelin ke sisi kanan dan kiri mobil. Sehingga ketika masuk ke air dia tidak tenggelam. Sederhananya seperti itu. Tapi bawahnya harus kita tutup agar air tidak masuk ke mesin," kata Gatot.

"Ini tabungnya di bawah, jadi tidak mengganggu desain mobil. Kita juga desainnya tidak yang gede gitu tabungnya, mengikuti lekukan bodi. Di tengahnya juga ada ruang udara khusus. Untuk menggerakkannya, ada dua gada untuk bisa jalan di air maupun darat. Sekarang sudah ada empat mobil saya yang seperti ini, Jeep maupun MiniMOG," tambahnya.

(ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed