Selasa, 20 Mar 2018 16:04 WIB

Bebas Visa, Pemotor Indonesia Mulai Rajin ke Malaysia-Thailand

Ruly Kurniawan - detikOto
Touring pemotor di Malaysia (Foto: Honda) Touring pemotor di Malaysia (Foto: Honda)
Jakarta - Selama perjalanannya mengelilingi dunia, Sunny Rusly ternyata tidak sendirian saat berada di beberapa negara ASEAN. Dari pantauannya, cukup banyak juga pemotor dari Indonesia yang mengaspal di Malaysia dan Thailand.

"Sewaktu saya melintasi jalur Asia, yakni Mayasia, Cambodia, China, Tibet, sampai London, belum lihat sih ada yang pakai mobil pelat B. Tapi kalau motor sudah mulai banyak nih. Itu di Malaysia dan Thailand," katanya saat berbincang bersama detikOto sebelum Sunny melakukan perjalanan bareng Hauwke ke luar negeri.



"Kalau pemula yang mau jalan pakai kendaraannya lintas negara dia pergi ke tempat yang banyak wisatanya. Bisa ke Malaysia atau Thailand. Di Thailand juga tidak terlalu mahal, di situ sangat mengakomodir pariwisatanya. Dari sana bisa ke negara lainnya juga seperti Kamboja atau Laos. Jadi sekarang yang naik-naik motor sudah mulai banyak nih yang ke sini (Malaysia atau Thailand)," jelas Sunny.

Dirinya juga menambahkan, hal itu juga dikarenakan kemudahan 'menjebol' negara tersebut alias bebas visa. Pengurusan dokumennya tidak terlalu rumit dibanding ke Eropa. "Dia tidak visa juga kan, jadi tidak pusing. Tidak rumit," tutupnya.

(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed