Senin, 26 Feb 2018 12:32 WIB

Siapa Li Shufu yang Punya Saham Individu Terbesar Daimler?

M Luthfi Andika - detikOto
Pendiri dan Chairman Geely Li Shufu, saat di Berlin bulan Oktober 2016. Foto: REUTERS/Hannibal Hanschke/File Photo Pendiri dan Chairman Geely Li Shufu, saat di Berlin bulan Oktober 2016. Foto: REUTERS/Hannibal Hanschke/File Photo
Jakarta - Nama Taipan asal China, Li Shufu kian gemerlap saja di dunia otomotif. Setelah perusahaannya Geely membeli merek Volvo dari Ford, Li Shufu akhir Februari ini membeli saham Daimler sebesar 9,69 persen senilai US$ 9 miliar atau sama dengan 103.619.340 lembar saham Daimler. Tapi siapa sih Li Shufu itu?

Li Shufu lahir di Taizhou, Zhejiang China pada 1963. Dirinya semakin tenar setelah mendirikan pada Geely Automobile pada 1986. Industri otomotif di China pun semakin berkembang, dan dirinya berhasil menjadikan Geely sebagai pabrikan terbesar kedua di China.

Tingginya pasar otomotif China pada akhirnya membuat pundi-pundi Li Shufu membumbung. Gerilya Li Shufu di industri otomotif semakin kencang, tidak tanggung-tanggung dirinya langsung membeli saham produsen mobil asal Swedia Volvo pada 28 Maret 2010 dengan harga US$ 1,8 juta pada 2010, yakni di saat Amerika didera krisis ekonomi.

Dari data Forbes tercatat, Li Shufu saat ini menjadi orang terkaya ke-10 di China. Di dunia, Li Shufu berada di urutan 219 pada tahun 2017 lalu.

Forbes menaksir Li Shufu memiliki kekayaan senilai US$ 17,6 miliar. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com