Senin, 26 Feb 2018 08:12 WIB

Pengusaha China Li Shufu Beli Saham Daimler

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Daimler memiliki merek Mercy, smart, bus serta truk. Foto: Ari Saputra Daimler memiliki merek Mercy, smart, bus serta truk. Foto: Ari Saputra
Stuttgart - Pengusaha China Li Shufu yang juga menjabat sebagai Chairman produsen mobil China, Geely, membeli saham perusahaan mobil Jerman, Daimler sebanyak 103.619.340 lembar saham. Itu berarti Li memiliki 9,69 persen saham Daimler seharga US$ 9 miliar.

Itu juga membuat Li Shufu sebagai pemilik saham Daimler terbesar untuk ukuran seorang individu. Daimler dalam pernyataannya menyambut baik pembelian saham oleh Li Shufu.

"Daimler mengenal dan menghargai Li Shufu sebagai salah seorang enterpreneur China dengan visi yang tajam untuk masa depan, berdiskusi dengan Li Shufu secara konstruktif bisa mengubah industri otomotif," puji Daimler.

Saham itu nantinya tidak akan dimiliki oleh perusahaan Li Shufu, Geely, tapi akan dimiliki oleh perusahaan investasi Tenaclou3 Prospect Investment Ltd.

Geely selama ini memang dikenal gila-gilaan dalam membeli saham produsen mobil asing, khususnya Eropa. Geely beberapa tahun lalu membeli Volvo dari Ford.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com