Rabu, 07 Feb 2018 17:09 WIB

Mobil Listrik Mahal 2 Kali Lipat, Bamsoet Minta Pajak Diturunkan

Ruly Kurniawan - detikOto
Tesla Model X (Foto: Dina Rayanti) Tesla Model X (Foto: Dina Rayanti)
Jakarta - Harga mobil listrik saat ini masih mahal. Dengan aturan pajak yang sekarang, harganya bisa 2 kali lipat dari harga pasaran di luar negeri.

Ketua DPR Bambang Soesatyo mencontohkan mobil listrik Tesla Model X yang dia beli. Ia mengatakan, ketika membawa roda empat tidak bermesin itu ke Indonesia dirinya harus mengeluarkan biaya dua kali lipat dari harga pasarannya.

"Kalau di Amerika ini harganya sekitar Rp 750 juta, memang masih tinggi. Kalau masuk sini kira-kira Rp 2 miliar kurang, mahal. Makanya harus ada atensi pemerintah untuk mobil listrik," ujar Bamsoet.

Dia meminta pemerintah memberikan perhatian untuk mobil listrik, karena mobil listrik sangat praktis dan tidak menguras biaya. "Karena palingan kalau rusak ya ganti ban, kanvas rem, baterainya pun tahan 20 tahun. Tapi memang masih mahal kan pajaknya tinggi," papar Bamsoet.

"Makanya kita kasih pandangan ke pemerintah untuk memberikan pertimbangan kepada mobil seperti ini. Karena di Amerika saja kan kalau beli mobil listrik itu dapat diskon besar dan pajaknya kecil, harusnya juga di sini seperti itu," lanjutnya.

(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed