Selasa, 06 Feb 2018 17:43 WIB

Hamish Daud: Pebalap MotoGP Banyak yang Nggak Punya SIM

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Hamish Daud dan pebalap MotoGP Suzuki Andrea Iannone dan Alex Rins (Foto: Suzuki) Hamish Daud dan pebalap MotoGP Suzuki Andrea Iannone dan Alex Rins (Foto: Suzuki)
Sentul - Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan salah satu syarat wajib pengemudi untuk berkendara di jalanan. Namun beda halnya dengan kebanyakan pebalap MotoGP yang tidak punya SIM.

Hal itu dibocorkan Brand Ambassador Suzuki GSX-R150, Hamish Daud, berdasarkan pengalamannya belajar dengan tim balap Suzuki MotoGP

Bukan tanpa alasan, kata Hamish, karena memang seorang pebalap MotoGP hampir atau bahkan tidak pernah naik motor di jalan umum, banyak risikonya.

"Mayoritas orang yang MotoGP itu nggak punya SIM. Karena memang jarang naik motor di jalan, jadi dianterin kalau mau ke mana-mana, karena memang terlalu banyak risiko, bayangin saja mereka biasa di sirkuit, kalau di jalanan gemes banget pasti (ngebut)," ujarnya di Sentul kepada wartawan, akhir pekan kemarin.

Lanjut Hamish mengatakan, dari pengalamannya untuk dua pebalap Tim Suzuki Ecstar MotoGP Andrea Iannone dan Alex Rins sendiri tidak diperkenankan seenaknya mengendarai motor di jalan umum oleh timnya karena faktor kebiasaan. Jika mereka berkendara di jalan umum akan sangat berbeda rasanya dengan saat berkendara di trak balapan. Sehingga banyak risikonya.

"Saya bukan pebalap ya, tapi ini tahun ke dua saya sama mereka, dan sering ngobrol dengn Manager, dengan trainer-nya, kayak mereka nggak boleh dikasih sembarangan naik motor, karena kalau mereka naik motor di jalan itu kan kondisinya beda dengan di sirkuit, kalau di sirkuit itu kan pakai perasaan, ini benar-benar ngebut dan pakai feeling, jadi tuh kayak nggak boleh kebiasaan di jalan," tambahnya.

(khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed