Minggu, 21 Jan 2018 14:16 WIB

Awal Karier Rifat Sungkar, dari Gokart hingga Reli Junior

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rifat Sungkar. Foto: 20detik Rifat Sungkar. Foto: 20detik
Jakarta - Salah satu pebalap terbesar Tanah Air, Rifat Sungkar, memiliki perjalanan karier yang sangat panjang untuk bisa berada pada titik saat ini. Rifat dibesarkan di keluarga yang memiliki darah otomotif sangat tinggi. Orang tua hingga kakeknya pun adalah nama-nama besar di kancah olahraga otomotif Indonesia.

Tak heran, Rifat lebih banyak dipengaruhi kehidupan keluarganya untuk bisa menjadi pebalap profesional yang menjadi kebanggaan Indonesia. Bahkan namanya pun, terinspirasi dari kombinasi nama dua tokoh besar dunia otomotif, Ferrari dan Fittipaldi.

Rifat yang lahir pada 22 Oktober 1978, mengawali karier otomotifnya di cabang gokart pada usia 14 tahun, sebuah cabang olahraga yang memang dikenal sebagai titik awal seorang pebalap untuk mengawali kariernya.

"Orang tua saya yang mengatakan ketika itu, bahwa gokart merupakan cabang olahraga di mana semua pebalap memulainya. Dan hal itu juga masih diterapkan sampai sekarang, di mana banyak pebalap-pebalap besar lahir dari gokart," ungkap Rifat.

Tak butuh waktu lama, Rifat langsung menjuarai beberapa gelar kejuaraan gokart yang lantas membuatnya ingin mencoba tantangan baru dengan mengikuti kejuaraan reli dan sprint reli junior di tahun 1996 dan 1997.

Benar saja, talenta Rifat sudah terlihat sejak dini. Di tahun pertama mengikuti kejuaraan reli dan sprint reli junior saja, ia langsung memenangi gelar juara satu non seeded pada ajang Kejuaraan Mesran Prima BSD Sprint Rally '96. Saat itu usianya masih 17 tahun. Hasil inilah yang kemudian membawa Rifat menaiki jenjang berikutnya dalam karier otomotifnya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed