Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 18 Desember 2017, 15:30 WIB

Iwan Fals: Di Jalanan Banyak Micin, Kasihan Sopir Truk

M Luthfi Andika - detikOto
Iwan Fals: Di Jalanan Banyak Micin, Kasihan Sopir Truk Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Musisi Iwan Fals sudah manggung di truk sejak November 2017. Total sudah 4 kota yang disambanginya dari 10 kota yang direncanakan. Selama perjalanan Iwan Fals semakin dekat dengan sopir truk dan mengetahui keseharian para sopir truk.

"Saya berterima kasih kepada bapak sopir membuka kesempatan-kesempatan kepada kami untuk berada di kota-kota besar. Kalau tidak ada pak sopir saya tidak tahu seperti apa. Terima kasih, terima kasih," ujar Iwan Fals.

"4 kota yang sudah dijalani asyik luar biasa sampai lupa cukur. Saya suka perjalanan darat karena banyak yang bisa dilihat. Saking banyaknya saya sampai susah menceritakan," katanya.

Lucunya menurut Iwan Fals, di jalanan Indonesia masih terlalu banyak micin alias penggunaan bumbu penyedap makanan yang berlebih. Padahal para sopir truk ini butuh makanan yang sehat agar mereka bisa melakukan tugasnya dengan baik.

"Indonesia indah sekali, orangnya baik-baik makanannya enak-enak, tapi masih ada jalanan rusak atau mungkin kurang aman. Ini PR (pekerjaan rumah/tugas-Red) kita bersama. Masih banyak micin (bumbu penyedap masakan-Red) di jalan. Seharusnya sopir harus dapat makanan sehat, harus dapat jalanan yang bagus. Dapat tempat beristirahat dengan baik," tambahnya.

Roadshow Mitsubishi Fuso dan Iwan Fals ini menggunakan truk panggung FE 74 Long di 10 kota, berlangsung mulai November 2017 hingga Februari 2018. Hingga saat ini, Roadshow Mitsubishi FUSO dan Iwan Fals telah menyambangi 4 kota, dimulai dari bagian timur Indonesia yakni Denpasar Bali, kemudian berlanjut ke Semarang, Cirebon dan Serang.

Dari perjalanan tersebut, terdapat fakta bahwa banyak supir truk yang kurang mendapatkan apresiasi atas jasa yang telah mereka berikan, padahal truk berperan penting dalam mengangkut berbagai barang kebutuhan masyarakat dan pembangunan.

Tanpa truk sebagai kendaraan angkutan, distribusi barang dan material akan terhambat dan akibatnya pembangunan Indonesia akan terhambat. Namun demikian, peran sopir truk sering kali dilupakan. Karena itu Iwan dan Mitsubishi membantu para sopir truk di kota yang merek sambangi

"Kampanye sosial #Terimakasihsupirtruk berhasil membangkitkan kepedulian masyarakat. Kampanye sosial ini akan berlanjut pada tahap selanjutnya dimana KTB mengajak masyarakat untuk berpartisipasi pada sebuah program sosial bertajuk #FUSOkontribusi," ujar Duljatmono, Direktur Marketing KTB.

Hanya dengan memposting tagar #FUSOkontribusi di media sosial, masyarakat akan menyumbang Rp 10.000,- untuk beasiswa yang akan diberikan kepada ana-anak supir truk Mitsubishi FUSO. Rencananya KTB akan memberikan beasiswa kepada anak-anak sopir truk terpilih yang berasal dari 10 kota yang disambangi Mitsubishi FUSO dan Iwan Fals selama Roadshow berlangsung. Adapun beasiswa yang diberikan setara dengan tiga tahun jenjang pendidikan tingkat Sekolah Menengah Atas.

Iwan Fals: Di Jalanan Banyak Micin, Kasihan Sopir TrukFoto: Fuad Hasim
(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed