Selasa, 12 Des 2017 17:18 WIB

Difabel Ini Modif Motor Jadi Roda Tiga untuk Narik Go-Jek

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Difabel Ini Modif Motor Jadi Roda Tiga untuk Narik GO-Jek. Foto: Dok. Go-Jek Difabel Ini Modif Motor Jadi Roda Tiga untuk Narik GO-Jek. Foto: Dok. Go-Jek
Jakarta - Masih banyak penyandang difabel dengan keterbatasannya tapi semangatnya lebih besar. Salah satunya adalah Dede Atmo Pernoto, difabel yang memilih menjadi driver ojek online, Go-Jek, untuk mencari nafkah.

Pria yang dikenal dengan sapaan Dede Yusuf itu adalah seorang bapak asal Karangjati Tarub, Tegal, Jawa Tengah. Dia biasa menggunakan kursi roda. Untuk narik ojek online, Dede memodifikasi motornya menjadi motor roda tiga.

Motor roda tiga tersebut diakuinya, sudah dibuat jauh-jauh hari sebelum dia masuk Go-Jek. Dede menjadi driver Go-Jek di wilayah Tegal, Jawa Tengah.



"Kebetulan waktu itu, saya ada rezeki, saya buat motor roda tiga ini. Alhamdulilah nggak lama dipanggil kerja di Go-Jek," ujarnya seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima detikOto, Selasa (12/12/2017).

Saat narik ojek online, Dede sempat mendapatkan pengalaman menarik. Mulai dari penumpang yang kaget karena melihat Dede difabel, order yang dibatalkan karena penumpang takut celaka, hingga penumpang yang melebihkan ongkos kepada Dede.

Selama menjadi driver Go-Jek, Dede mengaku sudah bisa memenuhi kebutuhan keluarga. Dia juga menyisihkan penghasilannya untuk ditabung buat menyekolahkan anak-anaknya hingga menjadi sarjana.

"Anak saya harus lebih dari saya. Dengan adanya saya bermitra dengan Go-Jek saya bisa menabung untuk masa depan anak-anak saya nanti. Ya, jangan sampai seperti bapaknya. Sekolah yang tinggi dan jadi orang berguna untuk orang banyak," ujar pria yang pernah bekerja sebagai penjual rokok, penjual pakan burung dan penyemir sepatu dengan kursi roda.

Keterbatasan, bukan menjadi penghalang baginya untuk bekerja demi orang-orang yang ia cintai. Meskipun dia pernah diprotes oleh keluarga yang meminta untuk bekerja di profesi yang lain, Dede yakin, derajat keluarganya bisa terangkat dengan pekerjaannya saat ini. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed