Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 04 Desember 2017, 12:20 WIB

Profil

Gerry Nasution, Jagoan Nyetir yang Diakui Jerman

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Gerry Nasution, Jagoan Nyetir yang Diakui Jerman Foto: Dadan Kuswaraharja
Lembang - Dengan jutaan penduduknya, Indonesia punya banyak pengendara andal. Tapi yang skill-nya sudah terbukti dan diakui orang Jerman tepatnya BMW Jerman, hanya satu di Indonesia. Dia adalah Gerry Nasution.

Pria yang juga aktif menjadi driving instructor untuk mobil-mobil BMW, MINI ini sudah diakui keahliannya oleh oleh produsen mobil BMW. Untuk mendapatkan sertifikasi dari BMW itu pun tak mudah, butuh proses panjang dan biaya yang tidak sedikit.

"Om Gerry itu satu-satunya yang diakui BMW," bisik Vice President Corporate Communication BMW Group Indonesia Jodie O'tania.

"Saya mendapatkan sertifikasi sejak 10 tahun lalu, eh tahun 2008-an. Satu-satunya di Indonesia," ujar pria berkacamata ini saat ngobrol dengan detikOto akhir pekan lalu di Cibodas, Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Saat ditanya kenapa tidak ada pebalap lain yang mau mendapatkan sertifikasi itu menurut Gerry memang susah untuk mendapatkan sertifikasi dari BMW. Setiap tahun, instruktur harus tahu mengenai produk terbaru dari BMW, dan harus tetap rajin membalap di habitatnya masing-masing. Jadi untuk instruktur roda dua harus membalap di roda dua, begitu juga dengan roda empat seperti Gerry, harus rajin balapan mobil di sirkuit.

"Memang susah untuk regenerasi, soalnya yang dinilai untuk mendapatkan sertifikasi itu bukan hanya cara dia mengemudi tapi techincal juga, dia harus aktif di motorsport, mau gokar, mau motor atau roda empat. Saya minggu kemarin masih ikutan ISSOM (Indonesia Series of Motorsport) di Sentul. Yang paling berat knowledge-nya itu, kita harus tahu setiap produk BMW," ujarnya.

BMW saat mengadakan test drive, baik yang dilakukan dengan konsumen atau media seperti yang dilakukan detikOto dengan MINI Countryman, memang mewajibkan ada seorang driving instructor yang ada di lead car atau road captain. "Itu sudah jadi SOP dari sana," ujarnya.

Soal biaya untuk menjadi instruktur yang diakui BMW, pria yang memiliki berbagai jenis mobil BMW ini enggan menyebutkan. "Yang pasti sudah terbayar," ujarnya sambil tersenyum. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +