Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 13 November 2017, 15:45 WIB

Satu Musim, Shoei Bikin 6-15 Helm Buat Marquez

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Satu Musim, Shoei Bikin 6-15 Helm Buat Marquez Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta - Marc Marquez selama balapan di MotoGP menggunakan helm yang dipasok dari Shoei. Pabrikan helm asal Jepang itu menyediakan helm untuk Marquez selama balapan dengan beragam desain.

Marquez sering mengubah desain helmnya. Tak hanya menggunakan helm dari Jepang itu, Marquez juga terlibat dalam pengembangan helm yang dikenakannya dengan memberikan feedback.

"Ketika Marc mencoba helm untuk pertama kalinya, yang diutamakan adalah ukurannya yang pas. Ketika sudah pas, dia memberikan feedback lain kepada kami mengenai ventilasi, aerodinamika, dan rasa menggunakan helm itu secara umum," kata pihak Shoei seperti detikOto kutip dari Box Repsol, Senin (13/112017).

Shoei biasanya mendapatkan permintaan khusus dari pebalap. Shoei menyediakan layanan bantuan di semua sirkuit MotoGP yang disebut Racing Service.

"Itu secara khusus mempersiapkan helm untuk pebalap, sehingga disesuaikan dengan kondisi meteorologi yang berbeda, seperti hujan, panas, dan lain-lain," ujar tim Shoei.

Saat ditanya seberapa banyak helm yang dibuat untuk Marquez selama satu musim, Shoei menjawab tergantung perminaan. Atau, katanya, lebih tepatnya seberapa sering dia berhasil bertahan di motor.

"Bisa jadi antara enam sampai 15 helm (dalam satu musim)," kata pihak Shoei.

Tak ada perbedaan utama antara helm MotoGP dengan helm normal. Menurut Shoei, semua pebalap menggunakan helm Shoei yang sama dengan yang ada di toko biasa.

"Tentu saja, sebagian besar pebalap memiliki desain yang disesuaikan. Namun dari sisi teknis, helm itu dijual ke masyarakat umum," katanya.

Salah satu hal terpening untuk helm MotoGP adalah aerodinamika. Aerodinamika helm dari tahun ke tahun selalu diperbaiki.

(rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed