ADVERTISEMENT
Selasa, 17 Okt 2017 13:01 WIB

Marquez dan Pedrosa Tularkan Virus Safety Riding ke Bikers

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Foto: Astra Honda Motor Foto: Astra Honda Motor
Tangerang -

Dua pebalap MotoGP Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa kembali datang ke Indonesia. Kali ini mereka menularkan virus keselamatan berkendara sebagai gaya hidup pada anak-anak muda siswa SMK Teknik Sepeda Motor (TSM) Astra Honda dan bikers dari komunitas Honda CBR.

"Dalam balapan, hal yang paling penting adalah memastikan pebalap terlindungi dengan helm dan racing suit yang dilengkapi dengan chest dan back protector terbaik karena segala sesuatu dapat terjadi di lintasan sirkuit. Pebalap juga harus paham tentang keselamatan karena keselamatan yang utama selain menjadi yang tercepat," ujar Dani Pedrosa.



Marc Marquez pun menunjukkan antusias tinggi saat berbicara tentang keselamatan berkendara. "Saya harap keselamatan menjadi prioritas anda semua saat berkendara dengan motor di jalan raya. Safety gear saat balapan menjadi hal yang utama sama halnya safety gear yang digunakan
saat berkendara di jalan. Safety gear bukan digunakan hanya saat berkendara di kecepatan tinggi namun menjadi bagian penting saat berkendara setiap hari dan menjadi bagian gaya hidup pengendara," ujar Marc Marquez.

Mereka kemudian memberikan safety gear secara simbolis pelaksanaan sesi pelatihan keselamatan berkendara pada siswa SMK TSM Astra Honda di showroom Big Wing Honda yang berlokasi di Astra Biz Center, Serpong, Tangerang Selatan (17/10/2017).

Pemberian safety gearPemberian safety gear Foto: Astra Honda Motor



"Kali ini, AHM menggandeng pebalap MotoGP Marc Marquez dan Dani Pedrosa untuk menginspirasi anak muda Indonesia dan menjadikannya sebagai bagian dari gaya hidupnya. Hingga saat ini, AHM telah melakukan 16.000 program safety riding untuk jutaan orang, melahirkan 150 instruktur safety
riding dan 2.200 advisor safety riding di jaringan Honda, mengaplikasikan teknologi keamanan di banyak sepeda motor Honda seperti teknologi ABS dan CBS, mendirikan 5 safety riding center, dan menyebarkan 924 alat simulasi berkendara HRT yang telah dimanfaatkan oleh lebih dari 12 juta
pengguna," ujar Marketing Director AHM Thomas Wijaya dalam pernyataannya.

Kampanye keselamatan berkendara juga digaungkan Marc Marquez dan Dani Pedrosa pada bikers komunitas Honda CBR yang turut meramaikan kegiatan ini. Sebanyak 10 bikers perwakilan komunitas Honda CBR mendapat kesempatan khusus bercengkerama Marquez dan Pedrosa.

Setelah itu Marquez dan Pedrosa meramaikan kelulusan 400 siswa SMA dalam Michelin Safety Academy (MSA) yang digelar Michelin Indonesia.

"Kehadiran Marquez dan Pedrosa diharapkan dapat menginspirasi para murid untuk menjadi pengendara bertanggung jawab dan yang selalu waspada dan mengutamakan keselamatan," ujar Presiden Direktur Michelin Indonesia, Fredrick "Fritz" Mueller, di BSD, Tangerang.

Pelajar SMA tersebut adalah mereka yang sudah cukup umur dan telah mengikuti program edukasi berkendara aman dan lulus ujian surat izin mengemudi (SIM) A dan C.

"Para instruktur MSA dan para coaches telah melakukan pekerjaan yang baik dalam membantu para murid untuk lebih memahami pentingnya berkendara aman," tutur Frederick.

Selain itu, Duo rider asal Spanyol tersebut juga mengkampanyekan berkendara melalui 10 golden rules hasil kemitraan Federasi Otomotif Internasional (FIA) dan Michelin.

Berikut 10 Golden Rules hasil kemitraan FIA dan Michelin.

1. Memakai sabuk pengaman
2. Mematuhi peraturan lalu lintas
3. Mematuhi batas kecepatan
4. Memeriksa Ban
5. Memperhatikan Kebugaran
6. Melindungi anak-anak di belakang saya
7. Selalu siaga saat mengemudi
8. Berhenti saat merasa lelah
9. Memakai helm saat bermotor/bersepeda
10. Berperilaku santun di jalan.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com