Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 07 September 2017, 13:04 WIB

Profil

Rifat Sungkar: Saya Pernah 7 Kali Hampir Mati, Sama Kayak Kucing

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Rifat Sungkar: Saya Pernah 7 Kali Hampir Mati, Sama Kayak Kucing Rifat Sungkar (Foto: Rifat Drive Labs)
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]

Pereli/pebalap nasional Rifat Sungkar berkomitmen untuk membawa bendera Indonesia kemana pun dia pergi. Pria yang juga ditunjuk menjadi duta keselamatan berkendara oleh detikOto ini mengaku balapan adalah dunia yang penuh risiko.

"Saya sudah sudah pernah 7 kali hampir mati sama kayak kucing impas. Mobil sudah 5 hancur," ujarnya menceritakan pengalaman di balap.

Namun berbeda dengan mobil yang beredar di jalanan, mobil balapan dibuat lebih aman.



"Di balapan speed-nya 2 kali lebih kenceng tapi safety-nya 5 kali lebih bagus. Kalau mobil balap ada 6 titik sabuk pengaman, di mobil biasa ada 2. Pakai helm juga, mobil balap ada besi-besi-nya, bangku balap itu buat keselamatan. Bagian dalam mobil balap pun jadi terlihat seperti sangkar burung," jelasnya.

Rifat Sungkar datang dari keluarga pebalap. Rifat di keluarganya sudah masuk generasi ketiga yang menjadi pebalap.

" Yang pertama balap kakek nenek juara tahun 1950-an, mereka saingan. Terus tahun 1980-an papa mama ketemunya pas balapan, romantis juga. Papa adiknya 3 mama 3 semuanya pebalap. Jadi kalau saya penyanyi salah berarti, saya waktu mulai balapan di umur 14 tahun," ujarnya.

Kepada generasi muda dia meminta untuk tidak balapan di jalan dan jangan terlalu terpaku pada balapan MotoGP. "Menuju perjalanan itu banyak sekali pilihan yang bisa diambil. By the way kalau mau balapan asal ada izin orang tua," ujarnya.

Kepada pebalap pemula dia menyarankan untuk mencoba balapan dengan gokar. "Karena gokar ini nggak ada suspensinya. Kalau mobil biasa belok suspensinya kerja baru dia belok, kalau gokar karena gia nggak ada suspensinya, apa yang kita perintah dia langsung belok. Kalau sudah bisa gokar yang lain mudah. Valentino Rossi aja mulainya dari gokar," ujarnya.

(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed