Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 13 Juni 2017, 10:55 WIB

Indriani Hadiwidjaja 'Naik Kelas', Tangani Datsun Global

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Indriani Hadiwidjaja Naik Kelas, Tangani Datsun Global Indri bercengkerama dengan siswa-siswi SD Lamreh, Aceh Besar dalam Datsun Risers Expedition (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Kepala Datsun Indonesia Indriani Hadiwidjaja naik kelas, dia diangkat sebagai Head of Marketing and Brand Datsun Global. Indri akan menangani Datsun di 4 negara yang berkantor di Yokohama, Jepang. Jabatan Indri diganti dengan orang Jepang. Orang Jepang itu adalah Masato Nakamura. Masato sebelumnya mengepalai marketing dan brand Datsun global yang akan dijabat Indri.

"Nanti akhir Juni saya berangkat, per awal Juli saya sebagai Head of Marketing and Brand Datsun global," kata Indri di acara buka puasa bersama di Jakarta, Senin (13/6/2017) malam.

Di Datsun global, Indri menangani empat negara yaitu Indonesia, India, Rusia dan Afrika Selatan. Karena tak hanya menangani satu negara, Indri juga harus keluar dari zona nyaman.

"Saya enggak boleh mikir Indonesia adalah pasar satu-satunya. Saya harus menempatkan diri sebagai konsumen di Rusia, India, juga Afrika Selatan,melihat brand Datsun seperti apa. Jadi sangat penting buat saya untuk membuat brand Datsun semakin dikenal, semakin konsisten, dan menurut saya setiap market punya keunikan masing-masing. Marketnya beda. Jadi ini tantangan buat saya untuk belajar dari negara-negara tersebut," sebut Indri.

Indri dan MasatoIndri dan Masato Foto: Rangga Rahadiansyah


Indri menjadi orang Indonesia pertama yang dipindah ke Datsun Business Unit global. Di Jepang, Indri akan menangani marketing dan brand Datsun selama 2 tahun.

"Setelah 2 tahun bisa di perpanjang bisa juga kembali ke Indonesia. Nissan kan perusahaan global jadi saya tidak bisa bilang dua tahun lagi saya akan balik atau ke nagara lain," ucapnya.

Kini, Datsun Indonesia bakal dikepalai orang Jepang. Namun, Indri menganggap, tak masalah jika Datsun Indonesia dipimpin bukan dari orang Indonesia.

"Menurut saya timnya kan masih lokal. Karena kita timnya lokal, menurut saya akan sangat membantu Masato-san untuk mengenal market Indonesia ini," kata Indri.

Tantangan Masato adalah membawa Datsun kembali berjaya di Indonesia. Masato bertugas untuk meneruskan tugas Indri dan bersiap untuk meluncurkan model ketiga Datsun dan model Datsun bertransmisi otomatis.

"Dia juga punya tantangan sendiri karena dia orang Jepang dan harus belajar bagaimana Indonesia. Pastinya membawa Datsun kembali berjaya di Indonesia, terlebih kita akan ada new model yang akan datang. Kita akan ada model ketiga, kita akan ada otomatis, dan pastinya akan menjadi tugas berat Masato Nakamura untuk melanjutkan apa yang kita sudah jalankan selama ini di Indonesia. Saya melihat dia juga sangat hard working. Mudah-mudahan pengalaman dia di global memberikan dampak positif untuk Datsun Indonesia," kata Indri.

Masato sendiri melihat pasar Indonesia sebagai hal utama untuk Datsun. Dia menilai, Indonesia merupakan pasar paling penting.

"Dan kami sudah meluncurkan Datsun sejak 3 tahun. Tapi saya pikir sekarang pasar Indonesia sudah berjalan dengan baik, khususnya konsumen kami. Dan saya ingin meningkatkan kepuasan pelanggan untuk market Indonesia. Bagi kami yang utama adalah konsumen dan brand. Untuk memperbesar merek kami, saya pikir konsumen adalah kunci penting melalui kepuasan pelanggan dan pendekatan kepada pelanggan. Jadi saya akan memperioritaskan poin tersebut," kata Masato.

Masato juga menilai, persaingan industri otomotif di Indonesia cukup ketat. Menurutnya, kompetisi di dunia otomotif merupakan hal yang wajar.

"Saya pikir Toyota dan Daihatsu merupakan brand yang kuat. Tapi bagi kami konsumen adalah hal yang paling utama bagi kami. Kami akan memfokuskan itu yang utama," kata Masato. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed