Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 26 Mei 2017, 12:54 WIB

Ford Pecat CEO, Pilih Veteran dan Bos Uber Sebagai Gantinya

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Ford Pecat CEO, Pilih Veteran dan Bos Uber Sebagai Gantinya Foto: Francois Lenoir/Reuters
Detroit - Pabrikan Amerika Ford Motor Co memecat Mark Fields dari jabatan CEO perusahaan. Fields digantikan oleh seorang veteran James Hackett. Ford Motor Co melakukan pergantian secara mendadak untuk menanggapi berkembangnya kegelisahan investor soal merosotnya harga saham di AS mobil dan kemampuannya untuk melawan ancaman dari rival lama dan ancaman baru dari Lembah Silikon.

Di bawah kepemimpinan Fields, saham Ford turun sebesar 37 persen semenjak dia terpilih sebagai CEO 3 tahun lalu.

Ford Kamis kemarin secara resmi mengumumkan pergantian manajemen senior. Hacket seperti dilansir Reuters menginginkan Ford yang lebih langsing untuk mempercepat pengambilan keputusan. Hackett merupakan salah satu CEO dari kalangan luar keluarga Ford yang terpilih. Dia diminta untuk mengubah kultur manajemen di salah satu perusahaan otomotif tertua dunia itu.

James Hackett menjawab pertanyaan wartawan di DetroitJames Hackett menjawab pertanyaan wartawan di Detroit Foto: Reuters/Rebecca Cook


Ford juga menggunakan jasa Sherif Marakby sebagai wakil presiden yang baru untuk mengurusi mobil otonom dan mobil listrik. Marakby selama menjabat sebagai wakil presiden Uber. Sebelum bergabung dengan Uber, Marakby bekerja selama 25 tahun lebih di Ford dalam bidang mobil hybrid dan listrik.

Sementara itu Raj Nair, yang selama ini dikenal sebagai wakil presiden untuk pengembangan produk diangkat menjadi presiden Ford Amerika Utara mulai 1 Juni 2017. Dia akan menangani operasi Ford yang mendatangkan 90 persen keuntungan untuk Ford. (ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed