Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 02 April 2017, 17:48 WIB

Laporan dari Jerman

Ini Pesan Chris Lesmana untuk Desainer Muda Indonesia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ini Pesan Chris Lesmana untuk Desainer Muda Indonesia Foto: VW
Wolfsburg -

Nama Chris Lesmana sudah mengharumkan Indonesia di peta otomotif dunia. Sebagai desainer yang sudah 20 tahun bekerja di perusahaan otomotif besar, Chris punya pesan khusus buat desainer muda.

"VW adalah perusahaan besar dan terkenal di dunia. Saya harap bisa memberikan inspirasi dan desainer muda dan berbakat di Indonesia, sehingga anda bisa mengikuti saya seperti ini dan semoga beruntung," ujar Chris seperti dilaporkan reporter detikOto Rangga Rahadiansyah dari Wolfsburg.

Chris yang karena kesibukannya hanya bisa berbicara singkat dengan detikOto mengatakan menjadi seorang desainer adalah mimpi dari sejak kecil.

Untuk mencapai itu Chris sempat mengenyam pendidikan di Desain Produk Institut Teknologi Bandung, tapi tak sampai lulus. Dia melanjutkan sekolahnya di Sekolah Tinggi Desain Fakultas Desain Industri jurusan Desain Transportasi di Pforzheim, Jerman pada 1993 sampai 1997.

Karier Chris diawali dari magang di pabrik Volkswagen di Wolfsburg, Jerman selama 6 bulan pada semester 6 tahun 1995. Pihak Volkswagen merasa puas dengan Chris, dan pada 1996 kontrak magang Chris di Volkswagen diperpanjang lagi selama 6 bulan.

Karier Chris tak berhenti sampai di situ. Tertarik dengan Chris, Volkswagen AG kemudian menawarkan dia untuk resmi bergabung dengan Volkswagen pada April 1997.

Chris bersama timnya terpilih untuk mendesain Volkswagen Beetle model 2012. Tak hanya Beetle, Volkswagen mempercayai Chris untuk merancang eksterior mobil kecil VW lainnya yakni VW UP!.

Rancangan Chris tak bisa dipandang sebelah mata. Pada 2012, Volkswagen UP! yang juga ada campur tangan Chris didapuk sebagai mobil terbaik. Volkswagen Up! dipilih oleh 64 juri yang merupakan jurnalis otomotif dari seluruh dunia.

Chris menggarap UP! bersama dengan Klaus Bischoff, dan Marco Antonio Pavone. Desain patennya terdaftar di Amerika Serikat pada 2008. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +