Perjalanan Ratu Elizabeth II Bersama Land Rover

Niken Purnamasari - detikOto
Sabtu, 23 Apr 2016 12:28 WIB
Foto: Pool (CNN)
London - Land Rover dan Ratu Elizabeth II memiliki kenangan manis dalam perjalanan hidup sang ratu. Hubungan keduanya dimulai pada 1948, saat ayah sang ratu, Raja George VI memperkenalkan produksi ke-100 unit Land Rover. Sang ratu pun mulai jatuh cinta pada Land Rover.

Ratu Elizabeth II mengambil pertama kali Land Rover untuknya sebelum ia ditahtakan sebagai ratu Inggris pada 1952. Meski tidak diperlukan surat izin mengemudi, namun sang ratu tetap belajar dan latihan mengemudi pada 1945 saat ia menjadi anggota Auxuliary Territorial Service (ATS). Disanalah ia ditempa dan dilatihsebagai mekanik dan sopir truk militer.

Mobil pabrikan Inggris itu juga telah setia menemani Ratu Elizabeth II dalam tur ke negara persemakmuran Inggris pada 1953. Bersama Duke of Edinburgh, mobil tersebut telah menempuh jarak 71 ribu kilometer. Dengan mudah, ia bersama Duke of Edinburgh menyapa masyarakat yang antusias menyambut mereka.

Pada 1978, Land Rover secara khusus merancang mobil untuk ratu yakni Series 3. Mobil diproduksi dengan sejumlah modifikasi termasuk sistem 'lampu lalu lintas' yang digunakan ratu dari kursi penumpang di belakang jika ingin memberi tahu sopir untuk berhenti, memelankan mobil, atau melanjutkan perjalanan.

Bersama Jaguar, Land Rover hanyalah pabrikan otomotif yang dipercaya  dan diberikan hak untuk merancang mobil keluarga kerajaan Inggris mulai dari Her Majesty The Queen (Ratu Elizabeth II), His Royal Highness The Duke of Edinburgh (Pangeran Philip), dan His Royal Highness The Prince of Wales (Pangeran Charles.

CEO Jaguar Land Rover, Ralf Speth menyebut kepercayaan yang diberikan keluarga kerajaan tersebut turut mendapat apresiasi dari konsumen di seluruh dunia.

"Asosiasi kendaraan kami dengan keluarga kerajaan turut dihargai oleh konsumen kami di seluruh dunia, mulai dari Amerika Serikat hingga China. Dikenal sebagai perusahaan yang mendapat hak untuk merancang mobil kerajaan, menjadi kontribusi penjualan kami secara global meningkat," kata Ralf, dilansir CNN Style, Sabtu (23/4/2016).

Selain itu, Land Rover juga terlihat digunakan oleh anggota keluarga kerajaan Inggris lainnya, seperti putri Diana. Ia menggunakan Land Rover untuk menonton balap kuda, Grand National dari kap mobil pada 1982.  Putri Diana bersama Pangeran Charles juga berkendara bersama menggunakan mobil tersebut di Australia pada 1988. (nkn/lth)