Rabu, 29 Feb 2012 13:21 WIB

Obama Ingin Mobil Listrik Ketika Pensiun

- detikOto
Jakarta - Presiden Amerika Serikat Barack Obama selama ini memang dikenal sebagai seorang pecinta otomotif dan pendukung industri otomotif Paman Sam. Dan ketika tidak lagi menjadi presiden nanti, Obama pun bersumpah untuk tetap mencintai mobil Amerika, salah satu caranya adalah dengan rencana membeli Chevrolet Volt ketika pensiun nanti.

"Lima tahun dari sekarang saat aku tidak jadi presiden lagi, aku akan membeli satu dan mengendarainya sendiri," kata Obama ketika bertemu dengan pesiunan dari serikat pekerja otomotif Amerika.

Beberapa waktu lalu ketika mengunjungi pabrik Chevrolet Volt di Detroit, Obama memang sempat mengendarai mobil idamannya tersebut. Tapi hanya sejauh 10 kaki saja sebelum Secret Service memintanya berhenti karena khawatir dengan keselamatan Obama.

Melihat ketertarikan sang presiden, juru bicara General Motors Greg Martin pun mengatakan bahwa Obama harus lebih banyak mengemudi ketika pensiun nanti. "Jika presiden masih tertarik untuk membeli Volt saat meninggalkan kantor, sebaiknya test drive lebih dari 10 kaki," cetusnya.

Kecintaan Obama pada mobil Amerika memang suda berlangsung lama. Obama sebelumnya tercatat memiliki Ford Escape Hybrid, Chrysler 300 dan Jeep Grand Cherokee. Dia belajar mengemudi dari kakeknya dengan Ford Granada dan pernah dimiliki Fiat.

Bila jadi membeli Volt, mobil ini bisa menjadi mobil GM pertama sang presiden. Meski setiap harinya dia menggunakan limusin kepresidenan milik Cadillac dan Chevrolet Suburban di akhir pekan. Cadillac dan Chevrolet adalah merek yang dimiliki GM selain GMC dan Buick.

Chevrolet Volt sendiri oleh banyak kritikus dikenal sebagai 'mobil Obama' terkait pembelaan mati-matian sang presiden terhadap mobil ini meski di 2011 hanya dapat terjual sebanyak 7.800 unit dari target yang berada di angka 10.000 unit dan pernah diselidiki karena memiliki resiko kebakaran.

Volt sendiri merupakan mobil listrik tipe extended range. Untuk setiap baterai penuh, mobil bisa melaju hingga 25-50 mil. Namun Volt bisa berjalan jauh lagi karena memiliki mesin bensin 1.400 cc yang bertugas sebagai generator dan bisa membawa Volt hingga 379 mil.



(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com