PAMOR
Logo PAMOR

Kamis 28 Desember 2017, 16:31

Kepincut Motorsport, Vespa Sprint Ini Dibuat ala Motorsport

  • Kepincut Motorsport, Vespa Sprint Ini Dibuat ala Motorsport Foto: Khairul Imam Ghozali
    // Motor

[Gambas:Video 20detik]

Keinginan kadang memang tidak sesuai dengan kenyataan. Pepatah itu mungkin cocok dengan Aldi Pratama, yang suka banget dengan motorsport, namun motor yang dimiliknya Vespa Sprint 2014. Untuk itu, Aldi memodifikasi Vespanya dengan konsep klasik sporty.

"Karena kan vespa itu bukan motor sport tapi motor klasik, nah itu jadi tantangan buat saya sendiri, karena saya suka sama motorsport kaya Ducati gitu, motorsport saya suka, cuma adanya Vespa, nah gimana caranya Vespa ini jadi kesannya sporty, nah di blending lah jadi klasik sporty," kata Aldi, saat ditemui detikOto, di Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (23/12/2017).

Baca: Modif Vespa Sprint 150

Karena tahu model Vespa itu klasik dan tidak mungkin dirombak mirip dengan motorsport, Aldi hanya menyematkan aksesori-aksesori serta merubah balutan warna berbau motorsport.

"Dari situ saya membenamkan kaya knalpot aftermarket, shockbreaker aftermarket, handgrip, spion, hingga warnanya juga saya rubah jadi sporty, yang tadinya putih dengan kelir krom saya rubah jadi orange Lamborghini dengan kelir abu-abu batu gitu," paparnya.

Ide Aldi untuk membuat Vespa Sprint lansiran 2014-nya itu menjadi tampil sporty hanya dengan melihat-lihat di internet untuk warnanya, dan melihat motor-motor sport terutama Ducati untuk aksesorinya.

"Kalau ngomongin warna, waktu sebelum ngecet saya itu lihat-lihat di Google Lamborghini Aventador yang orange sama konsepnya orange abu-abu, terus saya pakai warna itu. Terus kalau ala racingnya itu, saya suka sama Ducari Panigale kan, cuma gimana ceritanya Vespa dijadiin kaya gitu (motorsport), paling saya gunakan part-partnya saja, kaya seperti yang ada di motor Ducati, kaya knlapot akrapovic, shockbreaker Ohlins, dari brand yang sama seperti yang Ducati pakai," tutur Aldi.

Usaha Aldi mengubah Vespa yang punya gaya khas kalsik menjadi tampil sporty ini membutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga bulan, dengan biaya yang bisa dibilang tidak murah, Rp 23 jutaan.

Sedangkan perubahan yang dilakukan Aldi hampir keseluruhan, mulai dari jok, kaki-kaki, spion, handgrip knalpot, dan lainnya, semua yang berbau motorsport.

"Ban saya pakai ban yang lebih lebar dari bawaannya lebih lebar 10 inci, shockbreaker Ohlins depan belakang, terus knalpot Akrapovic," ungkap Aldi.

"Jok kustom jadi single seater karena motorsport kan rata-rata single seat, terus spion Rizoma, handgrip-nya Barracuda, itu juga spion dari motor sport kebanyakan," tambahnya.

Dari semua perubahan yang dilakukannya hanya tersisa sedikit yang originalnya. "Original cuma speedometer, mesin nggak juga, karena basicnya saya suka motor sport tapi nggak suka kebut-kebutan, saya cuma suka tampilnnya aja," tutup Aldi.

Aldi Pratama merupakan pemenang dari salah satu program detikOto yakni Pamer Mobil Motor (PAMOR) Oktober 2017.
Copyright @ 2018 detikcom. All Right Reserved