Uji Performa Keeway V250FI: Tenaganya Kalem, Suaranya Sangar

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 26 Jul 2021 11:19 WIB
Jakarta -

Keeway V250FI ini, dari namanya kita tahu kalau motor ini menggunakan mesin berkapasitas 250cc. Selain itu, penyematan kode FI di akhir namanya, tentu untuk memberi tahu kalau motor ini sudah menggunakan teknologi injeksi atau fuel injection.

Seperti yang tampak berotot dari samping, Keeway menggunakan mesin berkonfigurasi v-twin untuk V250FI ini. Mesin ini menggunakan pendingin udara, alias tidak menggunakan radiator.

Keeway V250FIKonfigurasi mesin Keeway V250FI Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Secara tampilan, di depan mesin Keeway V250FI ini seperti ada cover radiator di motor-motor besar yang tampil vertikal. Namun kenyataannya, ini hanyalah aksesoris belaka karena tidak menutupi apapun.

Mesin v-twin 250cc ini, semakin tampak keren berkat penggunaan filter udara yang menyembul di sebelah kanan. Filter udaranya ini menggunakan cover berkelir chrome yang tampak semakin mencolok.

Di atas kertas, spesifikasi Keeway V250FI ini menggunakan mesin SOHC 249cc 4 katup dan punya karakter mesin yang overstroke. Keeway menggunakan piston ukuran 49 mm dengan jarak langkah 66 mm.

Sebagai motor cruiser, tentu figur tenaganya tidak sebuas motor sport di kelas yang sama. Keeway mengklaim, mesin V250FI ini bisa mengeluarkan tenaga sebesar 16.7 HP di putaran mesin 8.500 RPM dan torsi 17 Nm yang didapat di putaran mesin 6.000 RPM.

Keeway V250FIPenampakan Keeway V250FI yang dites oleh detikOto Foto: 20Detik

Impresi kami menggunakan Keeway V250FI ini, memang mesinnya terasa cukup. Tenaganya tidak terlalu buas hingga terasa tidak nyaman digunakan di perkotaan. Namun tenaganya juga tidak terlalu payah untuk melibas jalanan kosong.

Keeway V250FI ini cocok untuk dipakai di perkotaan yang banyak stop-n-go. Karakter mesinnya yang overstroke, membuat seluruh tenaga dan torsinya langsung keluar di bukaan mesin bawah. Efeknya, ketika motor di tarik atau 'gaspol', tenaga terasa tidak ada dan hanya raungan suara yang keras.

Kami mencoba juga Keeway V250FI ini di jalur antar kota, hasilnya ternyata motor ini cocok dan nyaman digunakan untuk touring jarak dekat. Karena mesin overstroke-nya ini, terasa mumpuni untuk menyalip dan nanjak.

Nah, penggunaan belt sebagai penyalur tenaga dari mesinnya ini ternyata benar-benar memberikan impresi berkendara yang menyenangkan. Keeway V250FI ini terasa sangat halus ketika perpindahan gigi dan juga penyaluran tenaganya terasa lebih konstan.

Keeway V250FIKeeway V250FI menggunakan belt dari Continental untuk penyaluran tenaganya Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Selain itu, secara tampilan belt merek Continental ini terbilang sukses membuat motor ini semakin mirip Harley Davidson. Penggunaan belt di Keeway V250FI juga membuat motor ini terhindar dari kotoran atau tampak kurang estetiknya oli rantai.

Asyiknya lagi, Keeway V250FI ini hadir dengan suara yang 'ngeblar' dan sudah bulat dari knalpot pabrikannya. Sehingga rasanya tak perlu repot untuk mengganti knalpot standarnya dengan knalpot racing yang bersuara bising.

Tentunya, knalpot Keeway V250FI yang bersuara sangar ini aman dari penilangan Polisi. Sebab knalpot Keeway V250FI ini sudah bersuara khas dalam versi standarnya.

(mhg/din)