Test Ride All New CB150R Streetfire: Sensasi Motor Harian Moge Look dengan USD

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 20 Mei 2021 11:39 WIB
Jakarta -

All New Honda CB150R Streetfire punya sejumlah perubahan dari segi eksterior dan fitur. Utamanya pada bagian body tangki, shroud yang melebar, dan suspensi depan yang kini sudah menggunakan upside down.

DetikOto diberi kesempatan menjajal All New Honda CB150R Streetfire tipe Spesial Edition dengan warna furry matte red. Motor ini lalu dipakai harian dengan jarak tempuh mencapai 200 km lebih, untuk mengetahui bagaimana impresi performa, handling, posisi berkendara, dan konsumsi BBM. Berikut ulasannya!

Desain

Ubahan All New CB150R Streetfire itu terlihat pada desain yang lebih besar dari generasi sebelumnya. Hal itu bisa terlihat pada desain tangki BBM, Shroud, dan juga undercowl pada varian special edition (SE).

Oiya body-nya sekarang juga menyatu dari tangki, tengah, hingga buritan belakang. Lalu terpasang juga cover kecil yang menutup area kopong antara throttle body dan mesin. Jadi kesannya lebih padat.

All New CB150R StreetfireAll New CB150R Streetfire Foto: 20Detik/All New CB150R Streetfire

Posisi stop kontak juga berganti yang tadinya di sekitar wilayah tangki, bergeser ke area depan stang.

Hal lain yang nampak segar ialah penggunaan suspensi depan baru berjenis inverted front suspension berukuran diameter 37 mm. Tampilan makin kekar dengan penggunaan warna emas.

All New CB150R StreetfireAll New CB150R Streetfire Foto: 20Detik/All New CB150R Streetfire

Menilik pada bagian panel instrumen digital, Honda sedikit memberikan penyegaran dengan tampilan yang lebih dinamis.

Sementara pada bagian kaki-kaki juga berbeda, kini menggunakan desain velg yang lebih segar dengan bentuk velg berbentuk palang huruf Y lurus, mirip dengan CBR150R. Oiya, Honda juga menyebut telah mendesain ulang pada bagian velg, yang diklaim bobotnya berkurang sekitar 0,6 kilogram.

Fitur-fitur

Well, fitur yang kini diperbarui oleh Honda ialah inverted front suspension berukuran diameter 37 mm. Tidak hanya mendongkrak penampilan, tapi juga karakter handling yang berubah.

Selain itu, Honda juga memberikan penyegaran pada layar instrumen digital. Sekarang mirip dengan CBR150R dengan informasi yang lebih lengkap, seperti sudah tersedia trip meter a dan trip b lengkap dengan konsumsi BBM rata-rata di masing-masing trip. Selain itu terdapat juga indikator penunjuk odometer, rata-rata konsumsi bahan bakar, jam, dan posisi gear.

Hal lain yang bisa ditemukan, sama seperti CBR150R, motor versi telanjangnya ini menggunakan wavy disc brake di bagian rem cakram depan dan belakang.

Hanya saja meski sudah tampang 'moge look', Honda belum membenamkan fitur engine cut off dan sistem kunci keyless.

Riding Position

Secara dimensi All New CB150R Streetfire memang lebih lebar dari generasi sebelumnya, kini memiliki panjang 2.024 mm x lebar 796 mm x tinggi 1.083 mm. Beda dengan generasi yang dulu yang lebih ringkas dengan ukuran panjang 2.019 x lebar 719 x tinggi 1.039 mm. Meski demikian jarak tempat duduk dan terendah ke tanah All New CB150R ini lebih pendek dari generasi sebelumnya.

All New CB150R StreetfireAll New CB150R Streetfire Foto: 20Detik/All New CB150R Streetfire

Dengan tinggi test rider mencapai 168 cm dan bobot 83 kilogram, kaki dengan mudah menapak ke tanah. Sementara itu dengan penggunaan stang tappered handle bar atau fat bar yang lebih lebar serta raiser tinggi membuat posisi berkendara lebih tegap, seperti posisi berkendara commanding, yang membuat jangkauan mata pengendara pun lebih luas, sehingga sangat membantu saat riding di tengah kemacetan atau saat ingin menyalip kendaraan lain. Oiya, dengan posisi ini juga membuat tubuh tidak mudah lelah saat berkendara.

Handling dan performa mesin

Motor ini bisa disebut masih lincah, meskipun sudah menggunakan upside down saat test ride dilakukan saat membelah kemacetan tak berkurang, sebab radius putar stangnya masih luas.

Sementara, itu karakter redaman suspensi depan cenderung stiff atau terasa lebih kaku. Kompresi dan rebound juga lebih lambat. Namun motor stabil dan tetap nyaman digunakan saat menghantam lubang atau tidak ada gejala goyang berlebihan.

All New CB150R StreetfireFoto: 20Detik/All New CB150R Streetfire

Sementara dari performa, tidak disebutkan mengalami perubahan. All New CB150R masih menggunakan mesin 150cc, DOHC 4 katup, 6 kecepatan, dan berpendingin cairan. Klaim pabrikan akselerasi yang dihasilkan oleh model ini mampu mencapai 10,5 detik (0-200m). Di atas kertas bisa memuntahkan tenaga maksimal 16,6 dk pada 9.000 rpm dan torsi puncak 13,8 Nm di putaran mesin 7.000 rpm. Hasil disalurkan melalui transmisi manual kopling 6-percepatan.

Memang kalau tenaga masih kalah dari kompetitornya seperti GSX atau Vixion yang sudah sampai 18 sampai 19 hp.

Saat dijajal All New CB150R Streetfire mesinnya responsif, sesuai dengan bukaan gas terutama di putaran bawah dan menengah. Akselerasi awal CB150R yang lembut dan bertenaga.

Mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan dengan nafas yang tidak terlalu panjang. Motor ini cukup nyaman untuk berkendara stop n go.

Konsumsi BBM

All New CB150R Streetfire diklaim bisa meraih kecepatan maksimal hingga 125 Km/jam, namun Honda menyebut tetap menghasilkan tingkat konsumsi bahan bakar yang efisien yaitu 40,5 km/l berdasar metode pengetesan ECE R40 dengan standar EURO 3.

Berdasarkan catatan kami, motor ini masih cukup efisien untuk menunjang aktivitas sehari-hari.All New CB150R sudah dilengkapi fitur penggunaan bensin rata-rata selama motor digunakan, informasi tersebut tercantum dalam panel instrumen digital. Dalam panel rata-rata bensin hasilnya didapat sekitar 44,1 km/liter.

Uji BBM All New CB150R StreetfireUji BBM All New CB150R Streetfire Foto: Ridwan Arifin

Sementara dalam metode full to full. dalam pengetesan kali ini menggunakan bensin RON 92 (Pertamax). All New CB150R jalan dengan kondisi tangki full pertama sampai menempuh jarak 205,9 km. Setelah menempuh jarak tersebut, tangki kembali diisi full dan membutuhkan bensin lagi sebanyak 5,64 liter.

Uji BBM All New CB150R StreetfireUji BBM All New CB150R Streetfire Foto: Ridwan Arifin

Setelah jarak tempuh dibagi 5,64 liter jadi konsumsi bahan bakar All New CB150R hasil pengetesan redaksi detikOto ialah 1 liter bensin untuk berjalan sejauh 36,5 liter. Motor digunakan di jalur perkotaan dengan berbagai kondisi, seperti membelah kemacetan, berboncengan, sampai gaya agresif untuk merasakan tenaganya, sesekali motor dipuntir secara spontan. Kami tidak menerapkan prinsip eco riding.

Perlu menjadi catatan, bahwa hasil pengetesan tersebut bisa berbeda-beda, tergantung beberapa faktor. Mulai dari gaya berkendara, bobot rider, kondisi lalu lintas, suhu dan cuaca.

All New CB150R Streetfire hadir dengan varian warna Macho Black dan Stinger Red Black yang dipasarkan dengan harga OTR (On The Road) DKI Jakarta Rp29.700.000. Motor ini juga memiliki varian Special Edition (SE) yang dipasarkan dengan harga OTR (On The Road) DKI Jakarta Rp30.700.000. Varian Special Edition hadir dengan tiga varian warna matte yaitu Fury Matte Red, Raptor Matte Black, and Armored Matte Grey.

Tertarik memboyong motor berpenampilan moge namun tetap ramah kantong dan nyaman dikendarai sehari-hari?

(riar/rgr)