Jumat, 15 Nov 2019 21:21 WIB

Plus Minus saat Menjajal MT 25 Tampang Baru

Luthfi Anshori - detikOto
Yamaha MT-25 Foto: Luthfi Anshori


Sayangnya, ubahan yang begitu signifikan dari area depan hingga tengah, tidak diikuti dengan ubahan di bagian buritan. Bagian jok hingga ke lampu belakang, tidak ada ubahan besar yang dilakukan. Hanya behel belakang yang dicopot supaya meningkatkan kesan sporty dan lampu sein belakang yang diganti LED.

Plus Minus saat Menjajal MT 25 Tampang BaruFoto: Muhammad Ridho


Melongok ke bagian panel spidometer, Yamaha MT-25 sudah dilengkapi instrumen cluster full digital seperti yang dimiliki R25. Di panel instrumen ini ada banyak informasi, mulai dari speedometer, tachometer, fuel meter, gear position indicator, engine temperature, odometer, trip A, trip B, average fuel consumption, trip oil, jam digital, dan satu fitur baru shift timing light.

Plus Minus saat Menjajal MT 25 Tampang BaruFoto: Luthfi Anshori


Fitur baru lainnya adalah big bike switch yang mirip seperti di Yamaha Xabre dan MT-15. Jadi proses menyalakan mesin tak lagi menggunakan pencet-pencetan tombol, melainkan tinggal menggeser ke bawah tuas berwarna merah di setang kanan.

Plus Minus saat Menjajal MT 25 Tampang BaruFoto: Luthfi Anshori


Untuk fitur safety, Yamaha MT-25 versi 2020 sudah memiliki fitur keamanan seperti di motor matik kekinian. Fitur itu adalah side stand switch. Fitur ini akan otomatis mematikan mesin saat terdeteksi ada perpindahan gigi dari netral, ketika posisi standar samping masih terbuka.

Posisi berkendara dan Pengendalian

Tak banyak ubahan di MT-25 dari segi dimensi. Panjangnya tetap 2.090 mm, lebar 755 mm, dan tingginya 1.071 mm. Sedangkan tinggi joknya adalah 780 mm, dengan bobot isi 165 kg dan kapasitas tangki 14 liter.

Tester detikcom yang punya tinggi 165 cm dan bobot 69 kg masih cukup nyaman duduk di atas MT-25. Bahkan kaki masih bisa menjejak ke tanah dengan sempurna. Sementara desain cover tangki besar yang semula dikhawatirkan akan menyulitkan, ternyata tidak. Sebab desain tangki ini menyempit pada bagian bawah, sehingga paha pengemudi bisa mengapit bodi motor dengan nyaman.

Plus Minus saat Menjajal MT 25 Tampang BaruFoto: Luthfi Anshori



Saat dibawa di kondisi kemacetan, motor ini pun masih terasa cukup asyik dan gampang diajak meliak-liuk. Hanya saja tester sedikit lebih hati-hati, sebab radius putarnya terbatas akibat aplikasi suspensi upside down yang punya diameter tabung besar.

Untuk ukuran lingkar roda, Yamaha MT-25 menggunakan profil ban 110/70-17M/C di depan dan 140/70-17M/C untuk roda belakang.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4


Simak Video "Penyegaran Desain dan Fitur Anyar Yamaha MT-25"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com