Rabu, 01 Mei 2019 13:08 WIB

Ngegas Motor Listrik Gesits, Tarikannya Edun

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Motor listrik Gesits sudah meluncur ke pasaran tanah air di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Motor dijual seharga Rp 24,95 juta. Menghapus rasa penasaran masyarakat pada performa motor, PT Gesits Technologies Indo menyediakan unit test ride yang bisa dicoba masyarakat di area test ride motor IIMS.

Motor Gesits berpadu dengan motor-motor milik pabrikan ternama seperti Honda, Suzuki, Vespa, KTM, Royal Enfield, Kawasaki dan lainnya.

Ngegas Motor Listrik Gesits, Tarikannya EdunFoto: Pradita Utama


Untuk mencoba motor, kita tinggal menyiapkan SIM C yang berlaku dan mengisi formulir registrasi.

Nah di booth Gesits, ada setidaknya 3-4 motor yang bisa diuji coba, warnanya merah, putih dan hitam. detikcom mencoba yang warnanya merah yang paling dominan.



Sebelum mulai melaju, seorang petugas menjelaskan tata cara menggunakan motor listrik. "Ini kan motor listrik, ngegasnya jangan langsung gaspol ya, pelan-pelan saja dulu, cari feelnya dulu," sarannya.

Kunci motor pun diputar ke posisi On, dan saklar menyalakan motor dipijit. Tidak ada bunyi 'grenngg' seperti motor biasa, hanya ada indikator ON berukuran cukup besar di layar dasbor motor.

Ngegas Motor Listrik Gesits, Tarikannya EdunFoto: Pradita Utama


Selain indikator motor dalam keadaan nyala atau mati, dasbor juga menampilkan kondisi baterai, apakah penuh atau kosong. Kebetulan motor yang digunakan hanya memiliki satu baterai, kondisinya saat itu masih 65 persen. Gesits sebenarnya bisa memiliki 2 baterai. Jadi status kedua baterai dimunculkan di layar baterai.

Ya sudah mari kita ngegas, dan wohooo! Tarikan awalnya memang khas motor listrik, langsung ngebut.



Motor terasa enteng dan enak diajak bermanuver. Jok busanya saat diduduki serasa lembut, posisi duduknya cukup nyaman dengan tinggi badan saya yang mencapai 165 cm. Berputar-putar di area test drive dengan kecepatan maksimum sampai 30-40 jam cukup enak menggunakan Gesits. Padahal kecepatan maksimumnya diklaim bisa sampai 100 km per jam.

Ngegas Motor Listrik Gesits, Tarikannya EdunFoto: Pradita Utama


Uniknya Gesits memiliki gigi mundur yang bisa dioperasikan dengan memijit tombol R di setang bagian kanan. Mirip motor-motor gede ya.

Setelah beberapa putaran mencoba motor, baterai hanya berkurang 3 persen menjadi 62 persen, pas saya mau melajukan motor lagi, marshall di area test ride sudah meminta saya untuk menghentikan test ride. Wah padahal masih kurang neh.



Secara keseluruhan, motor listrik Gesits ini cukup nyaman dikendarai, sensasinya mirip dengan skuter 110 cc.

Hanya saja untuk poin minus, bagian layar dasbornya kurang terang, kemudian suspensi depannya masih terasa cukup kasar, atau kurang lembut menyerap kejut.

Saat mencoba menggunakan sandaran tengah, motor agak berat saat diangkatnya. Semoga tim Gesits melakukan penyesuaian lagi pada motor mereka sebelum dikirim untuk masyarakat nanti.

Ngegas Motor Listrik Gesits, Tarikannya EdunFoto: Pradita Utama


Gesits dalam angka

Kecepatan maksimum 100 km per jam
Daya jelajah 100 km, 50 km kalau 1 baterai
Tenaga maksimal 5 kW atau 6,7 daya kuda
Torsi maksimal 30 Nm pada 3.600 Rpm
Akselerasi 0-50 km per jam 5 detik

Dimensi
Panjangxlebarxtinggi: 1.947x674x1.135 mm
Jarak sumbu roda: 1.290 mm
Berat kosong: 94,5 kg

Frame:
Sasis: Steel chassis
Suspensi depan teleskopik
Suspensi belakang multi-link aluminium
Rem cakram ganda
Ban depan 80/80-R14
Ban belakang 100/80-R14


Video: Test Drive Skutik Gesits, Tarikannya Edan!

[Gambas:Video 20detik]

(ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com