Kamis, 29 Nov 2018 08:44 WIB

Digeber 128 Km, Ini Konsumsi BBM Honda PCX

Luthfi Anshori - detikOto
Touring PCX di Flores. Foto: Dok. AHM Touring PCX di Flores. Foto: Dok. AHM
Manggarai - PT Astra Honda Motor (AHM) menyelenggarakan kegiatan PCX Luxurious Touring 2018 yang bertujuan untuk menguji kehandalan PCX di jalur berkelok di Nusa Tenggara Timur, Pulau Flores.

detikOto jadi salah satu media yang mendapat kesempatan menguji coba PCX di etape Ruteng - Labuan Bajo yang berjarak kurang lebih 128,6 km. Touring ini dilakukan pada tanggal 26 November 2018.


Bagaimana kondisi jalan di etape tersebut? Sebagian besar didominasi jalur berkelok dan menanjak. Meski demikian, sesekali ada lintasan lurus panjang, yang membuat PCX bisa kami pacu pada kecepatan 107 km/jam.

Melewati jalanan berliku dan banyak rute 'letter S' konsumsi bahan bakar PCX terbilang irit. Menurut catatan di panel MID, konsumsi rata-rata bahan bakar PCX sekitar 51,6 km/liter. Sebagai catatan, tester sudah mematikan fitur Idling Stop System (ISS), yang mencegah bahan bakar terbuang percuma.

Angka itu tentu masih bisa diperdebatkan. Sebab ada cara lain untuk menghitung konsumsi bahan bakar, yakni dengan metode full to full. Sayang, detikOto tidak sempat melakukan itu karena keterbatasan waktu.


Sebagai informasi, PCX Luxurious Touring 2018 diikuti oleh 8 bikers komunitas dan sejumlah awak media. Touring ini bakal menempuh jarak total sekitar 1.400 km. Titik keberangkatan dimulai dari Maumere, NTT pada 23 November, menyusuri pulau Flores menuju pulau Lombok, dan akan finish di Renon, Bali pada 1 Desember.

"Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk membuktikan performa PCX. Beratnya medan yang saya ikuti, dari Ruteng sampai Labuan Bajo, menghadapi tantangan cuaca dan kondisi jalan ekstrem. Dan semua terbukti, PCX bisa diandalkan," ujar General Product Management and Support Astra Honda Motor Ferry Firman. (lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed