Selasa, 17 Apr 2018 20:48 WIB

Ototest

Kencan Singkat dengan Vario 150cc Terbaru, Serba Digital Bro!

Ruly Kurniawan - detikOto
1
Halaman 1 dari 3
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]

Tidak hanya smartphone saja yang makin canggih, sepeda motor pun demikian. Contoh saja motor andalan dari PT Astra Honda Motor (AHM) yang baru diluncurkan hari ini yakni All New Honda Vario 150 dan 125. Semuanya sudah digital mulai dari indikator mesin, remotenya, pemakaian keyless, hingga dapat memantau konsumsi bahan bakar selama perjalanan.

Dengan mengubah tampilan yang lebih mewah dan kekinian namun tetap sporty, motor andalan dari Honda di Indonesia ini semakin cantik. Salah satu yang paling berubah adalah pada varian 150 cc-nya. Dia mengalami ubahan pada dapur pacu yang diklaim lebih ramah lingkungan, responsif, serta hemat bahan bakar. Tidak ingin hanya percaya lewat selebaran brosur-nya, detikOto pun langsung mencicipi motor tersebut.

Secara keseluruhan, impresi pertama detikOto terhadap All New Honda Vario 125 dan 150 adalah berubahnya bagian tubuh motor dengan cukup signifikan. Aura sporty tampak kental terasa dari desain cover stang yang lebih ramping berbentuk V, rear fender yang memiliki lampu sein terpisah dengan lampu belakang, serta warna monotone. Tidak sampai disana, kesan mewah dirasa saat melirik speedometer yang full digital dengan multi informasi mulai dari jam, indikator baterai aki, konsumsi bahan bakar, odometer, dan lainnya.

Sistem keamanannya pun sudah seperti mobil, telah mengusung Honda Smart Key System (keyless) yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm. Tombol perintah itu berada di kunci All New Honda Vario. Jadi, hanya memencet perintah dari kunci-nya yang memiliki daya jangkau sampai 2 meter, motor sudah bisa dipasang alarm, menemukan motor ketika di parkiran, serta menghidupkannya guna dibawa jalan-jalan.

detikOto menjajal Honda Vario varian 150 cc di tempat parkir JI Expo Kemayoran. Dengan waktu yang singkat karena dibatasi, tentu tidak ideal bila kita uji konsumsi bahan bakarnya. Tapi sepertinya sudah cukup untuk melihat seberapa canggihnya Vario yang sudah serba digital ini. Sebelumnya, patut diketahui dapur pacu dari All New Honda Vario 150 sudah diubah dan berbeda dengan mesin yang diusung oleh Honda PCX lokal.

"Ini mesinnya berbeda dari PCX lokal. Air cleaner yakni volume, dan posisinya berbeda. Pada sisi CVT juga beda, PGM-FI (Programmed Fuel Injection) nya berbeda juga. Jadi secara keseluruhan itu berbeda. Ini (mesinnya) disesuaikan total desain, total wheelbase, frame, dan lainnya," kata Marketing Director PT Astra Honda Motor Thomas Wijaya saat berbincang dengan wartawan di Jakarta, Senin (16/4/2018).

Ketika ingin menyalakan motor, ada satu tahapan yang harus dilewati oleh penggunanya yakni harus mengaktifkan dan menghubungkan remote dengan motornya terlebih dahulu. Tapi tenang, itu tidak memerlukan waktu yang lama. Namun tidak juga disarankan untuk buru-buru karena kalau ada yang terlewat tahapannya, motor tidak akan menyala. Begitu pula saat melepas kunci setang-nya. Bisa-bisa emosi duluan.

Indikator terkoneksinya remot dengan motor adalah suara 'bip' dan lampu hijau di remote. Saat sudah dinyalakan, ada hal yang cukup menarik yakni Desain LCD Digital Speedometer yang langsung berkedip dengan nyala yang terang, meski dalam kondisi pencahayaan yang terik di siang hari sekalipun. Disana, ada berbagai informasi yang disajikan, mulai dari baterai aki, jarak tempuh atau odometer, konsumsi bahan bakar, jam, hingga lainnya.

Foto: Andhika Akbarayansyah

Saat dipacu, perubahan indikator speed berubah dengan sangat cepat dan akurat. Pun saat motor mengalami perlambatan di tikungan hingga ngerem. Ini membuat pengendara mudah memprediksi tarikan gas untuk mengatur ritme kecepatan saat menemui belokan tajam, lampu merah, hingga polisi tidur. Secara tidak langsung bisa mengirit BBM.

Sistem pengereman pada Vario 150 terbaru ini juga lebih nyaman dengan disematkan Wavy Disc Brake berukuran 190mm. Dengan dihadirkannya teknologi Combi Brake System (CBS) yang mampu membantu menyeimbangkan pengereman roda belakang dan depan secara lebih optimal, bisa dikatakan motor ini sangat nyaman untuk dibawa harian maupun turing ke jalanan menanjak yang cukup curam.

Performanya? Untuk akselerasi, detikOto rasakan motor lebih responsif. Namun kecepatan maksimalnya tidak bisa di uji pada area terbatas tersebut.

Dengan banderolan Rp 22.500.000 (on the road Jakarta) untuk segala perubahannya, apakah All New Honda Vario 150 pas di kantong untuk dibawa pulang ke rumah? Berikut detikOto rangkum kelebihan dan kekurangan motor andalan dari Honda ini. (ruk/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed