Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 11 Desember 2017, 18:56 WIB

Mencicipi Nmax Terbaru yang Diklaim Lebih Empuk

Ruly Kurniawan - detikOto
Mencicipi Nmax Terbaru yang Diklaim Lebih Empuk Tes Yamaha Nmax di Sirkuit Karting Sentul. Foto: Ruly Kurniawan
Bogor - Sesuai dengan permintaan penggunanya di Indonesia, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memperbaharui salah satu andalan di segmen skuter bongsor, Nmax 155cc. Memiliki model terkini (2018), beberapa fitur terbaru pun disematkan di dalamnya, khususnya pada penambahan tabung suspensi yang diklaim akan memberikan kenyamanan berkendara di berbagai kondisi jalanan Indonesia.

President Director PT YMRID (Yamaha Motor R&D Indonesia) selaku perancang dan 'kepala' perencana Nmax, Katsumitsu Wakamatsu memaparkan bahwa adanya komponen tersebut akan membuat motor lebih nyaman. Bahkan, ketahanannya pun bertambah sangat signifikan.



"Untuk indikator perubahannya (terhadap suspensi baru di Nmax) cukup sulit untuk dikatakan. Karena hal itu juga disumbang oleh beberapa faktor yang menentukan yakni tergantung pada ukuran dari si pengendara yakni berat dan kondisi jalan serta situasi. Tapi untuk settingan saat ini, sudah sesuai dengan permintaan konsumen dan lebih baik," ucap Wakamatsu di Sentul, Bogor.

"Suspensinya memang kita pakai tipe tank sehingga ada perubahan terhadap reliability atau ketahannya. Karena dia suhu rangenya jauh lebih luas sehingga kalau dipakai jalan jauh lebih aman dan nyaman," kata General Manager Aftersales & Public Relation YIIM M Abidin.



Ingin buktikan perubahannya secara langsung, pada acara peluncuran Nmax 155 model 2018 akhir pekan kemarin detikOto langsung ikut menjajalnya bersama beberapa anggota komunitas Nmax dan wartawan. Bukan pada performa maksimum dan konsumsi BBM, kesempatan tersebut diambil detikOto untuk merasakan langsung bagaimana 'kenyamanan' Nmax 155 terbaru yang disebut-sebut ini.

Pertama kali kunci diputar ke arah 'On', speedometer yang berada di tengah kemudi langsung merespon dengan berkedip-kedip genit. Cukup berbeda daripada generasi sebelumnya. Meskipun dilihat pada siang hari, ternyata semua indikator yang diinformasikan pada komponen tersebut cukup jelas.



Dengan berkendara bersama dua Nmax 155 model 2018 lainnya di area sirkuit karting Sentul, perasaan pertama yang dirasa saat berakselerasi dari 0-15 km/jam motor tampak membal dan terasa sedikit aneh. Hal tersebut dikarenakan mungkin jalanan menuju area sirkuit tidak terlalu halus. Namun masih tetap mudah untuk dikontrol.

Setelah sudah mencapai kecepatan 30 km/jam ke atas dan melintasi beberapa tikungan, rasa nyaman dan empuk mulai terasa. Meskipun tak terlalu signifikan, kerasnya suspensi Nmax sudah cukup hilang di model barunya ini. Tak lupa juga atas kestabilannya yang baik.



Ketika detikOto memutar gas sampai 70 km/jam ke atas, motor bongsor dari Yamaha tersebut masih menyajikan kenyamanan yang serupa.

Meski telah melintas tiga putaran, perasaan tak puas masih dirasa. Oleh karena itu setelah keluar area lintas balap, detikOto pun mencobanya di jalanan yang cukup berbatu di sekitar sirkuit. Cukup mengejutkan, ternyata memang keempukan cukup terasa pada motor bongsor ini. Tapi jangan harap keempukan yang disediakan ini terlalu empuk ya, Otolovers.



Sekitar 15 menit waktu yang dihabiskan untuk mencoba fitur terbaru yang Yamaha sematkan di Nmax 155 ini. Namun sangat disayangkan, detikOto tidak diperbolehkan untuk menjadi penumpang (untuk mencoba suspensi baru di Nmax 155 model 2018 dari sisi penumpang) saat motor melintas di sirkuit Sentul. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed