Kamis, 16 Nov 2017 17:35 WIB

Kesan Pertama Motor Trail Honda CRF150L

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Foto: Astra Honda Motor Foto: Astra Honda Motor
Tangerang - Honda akhirnya meluncurkan CRF150L, produk anyarnya di segmen motor petualang. Dengan konsep sport on-off road, motor ini diklaim asyik dipakai untuk off-road maupun jalanan biasa.

Klaim asyik dipakai off-road tersebut terbukti saat detikOto berkesempatan menjajal motor buatan Pegangsaan, Jakarta Timur ini, di jalur khusus off-road yang disediakan PT Astra Honda Motor (AHM) untuk awak media nasional.

Kebetulan, AHM memberikan tiga kali kesempatan menjajal jalur off-road untuk detikOto serta awak media lainnya untuk menjajal motor yang di banderol Rp 31,8 juta itu.

Pada kesempatan pertama detikOto mencoba untuk mencicipi bagaimana rasanya bermanuver dengan CRF150L.

Dengan berat kosong 122 kg, dari pencicipan detikOto, bisa dibilang motor ini cukup enteng. Sebab detikOto tidak merasa terganggu sama sekali dengan bobot motor ini meskipun meliuk-liuk di jalur off-road yang kondisinya cukup berat.

Untuk itu, dari kesempatan pertama tersebut detikOto berkesimpulan CRF150L ini sangat asyik dipakai bermanuver meski memiliki bobot yang terbilang cukup berat di kelasnya.

Motor ini dikatakan AHM cocok untuk para konsumen yang suka berpetualang melewati jalur off road, sebab CRF150L ini diklaim tidak diragukan kenyamanannya saat dipakai untuk off-road.

Nah, ternyata hal tersebut terbukti saat detikOto mencoba merasakan suspensi bagian depan Showa Long Travel Interverted Front Fork diameter 37mm, suspensi terbesar di kelasnya dan stroke 225mm, serta mono suspension dengan sistem Pro-Link suspension yang dapat memberikan jarak main 210 mm pada bagian belakang.

Dengan sokongan suspensi tersebut, detikOto benar-benar terkesan dengan empuknya motor ini saat berjalan cukup kencang walaupun dipakai pada jalur off-road yang banyak kondisi menantangnya.

Di kesempatan terakhir melalui jalur yang sama, detikOto mencoba untuk merasakan kenyamanan posisi berkendara CRF150L.

Pada kesempatan pertama detikOto memang belum bisa merasakan kenyamanan tersebut. Namun pada kesempatan kedua dan ketiga posisi berkendara sudah terasa asyik dan nyaman.

Dari mulai setangnya yang pas sehingga tidak bikin pegal walaupun ngebut di jalur off-road, jok yang ramping namun empuk dan pas rasanya, sampai pijakan kaki atau pedal yang sengaja didesain agak besar sehingga kaki nyaman dibuatnya.

Dari tiga kesempatan, dan pengujian tersebut, bisa dibilang CRF150L yang di banderol Rp 31,8 juta ini apik saat bermanuver karena motor ini tidak berat, empuk ketika menemui jalur bergelombang, serta nyaman dipakai meski di jalur bergelombang karena posisi berkendara dengan motor ini yang asyik. (khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed