Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 14 September 2017, 12:39 WIB

Ototest

Suzuki Hayabusa, Motor Kencang untuk Penggila Kecepatan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Suzuki Hayabusa, Motor Kencang untuk Penggila Kecepatan Menguji Suzuki Hayabusa Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Suzuki saat ini punya motor paling buas di antara jajaran motor Suzuki lainnya. Namanya Suzuki Hayabusa atau GSX-1300R yang bisa dikategorikan sebagai hyperbike.

Banyak yang bilang Suzuki Hayabusa diciptakan untuk orang 'gila', yaitu orang-orang yang menggilai kecepatan. Hayabusa merupakan salah satu motor tercepat sejagat. Tenaganya nggak usah diragukan lagi, Bro! Buas banget.

Otolovers, detikOto baru saja mendapat kesempatan untuk menjajal langsung motor gila dari Suzuki ini. Buasnya Suzuki Hayabusa tercetak dari bentuk tubuhnya yang sangat besar, berotot, dan panjang dimensinya.

Suzuki Hayabusa, Motor Kencang untuk Penggila KecepatanMenguji Suzuki Hayabusa Foto: Hasan Al Habshy


Pertama kali duduk di atas Suzuki Hayabusa, detikOto merasa motor ini sangat besar. Namun, Suzuki mendesain Hayabusa dengan jok yang lebar agar penggunanya dengan mudah menggeser-geser posisi duduk, cocok untuk menunduk demi mendapatkan aerodinamika saat ngebut.

detikOto yang punya tinggi badan sekitar 180 cm dengan mudah menapakkan kaki ke tanah. Paha memang sedikit lebih melebar ketika menapakkan kaki saat duduk di Suzuki Hayabusa, sebab motor ini punya jok yang lebar.

Jarak setang dari tempat duduk terbilang cukup jauh. Maklum, tangki bahan bakar berkapasitas 21 liter pada motor ini memisahkan jok dengan setang jadi lebih jauh lagi.

Suzuki Hayabusa, Motor Kencang untuk Penggila KecepatanMenguji Suzuki Hayabusa Foto: Hasan Al Habshy


Walhasil, posisi riding menggunakan Suzuki Hayabusa ini lebih menunduk. Makanya, pengguna Hayabusa bakal cepat lelah saat mengendarai motor ini. detikOto juga merasakan hal itu, beban terasa tertumpu di tangan hingga pundak.

Sudah puas mengira-ngira posisi ridingnya, saatnya detikOto merasakan ganasnya Suzuki Hayabusa ini. Suzuki Hayabusa menggendong mesin empat silinder, DOHC, liquid cooled, berkapasitas 1.340 cc dengan transmisi enam percepatan. Ketika mesin dinyalakan, karakter mesin motor empat silinder terdengar sangat merdu. Makin penasaran untuk mencobanya langsung.

Ohiya, Suzuki Hayabusa dilengkapi dengan tiga mode berkendara, yaitu A, B, dan C. Mode A bisa digunakan oleh pengendaranya untuk merasakan kebuasan Hayabusa sepenuhnya, mode B untuk karakter sedang dan C untuk karakter lebih kalem yang bisa digunakan untuk trek basah.

Suzuki Hayabusa, Motor Kencang untuk Penggila KecepatanMenguji Suzuki Hayabusa Foto: Hasan Al Habshy


Untuk adaptasi, detikOto mencoba menggunakan mode C terlebih dahulu. Memang terasa lebih kalem dibanding mode di atasnya, tapi rasanya Suzuki Hayabusa ini tetap memberikan dorongan yang sangat kuat ketika gas sesekali dibuka lebar-lebar.

Saat menggunakan mode B, karakter Hayabusa ini sedikit lebih galak dibanding mode C. Dan ketika detikOto menggunakan mode A, sangat terasa performa buas Suzuki Hayabusa ini.

Akselerasinya sangat-sangat spontan. Sangat menantang saat detikOto mencoba berakselerasi cepat, motor dengan cepat langsung melesat hingga kecepatan tinggi. Kalau tidak siap, rider bakal merasa seperti terhempas ke belakang, ngejambak banget, Bro!

Untuk mendukung tenaganya yang buas buat ngebut, Hayabusa juga harus bisa ngerem dengan mumpuni. Soal pengereman, Suzuki menyematkan dua cakram di depan dengan kaliper Brembo 4 piston. Sistem pengereman juga sudah dibekali Antilock Brake System, jadi detikOto merasa lebih pede saat mengerem menggunakan motor yang cukup berat ini, takkan khawatir roda terkunci ketika mengerem.

Suzuki Hayabusa, Motor Kencang untuk Penggila KecepatanMenguji Suzuki Hayabusa Foto: Hasan Al Habshy


Otolovers, Suzuki Hayabusa ini cukup berat untuk diajak berbelok. Maklum, motor segambot ini punya bobot 266 kg. Ini sih jagoan untuk drag race.

Bagaimana menggunakannya di perkotaan? Kalau mau pakai motor ini di perkotaan cari jalan yang sepi deh, Otolovers. Jangan di jalan yang macet, yang ada bakal susah untuk selap-selip barisan mobil di jalan macet, karena memang dimensinya panjang dan lebar.

Yup, dimensi motor ini terbilang besar, panjangnya 2.190 mm, lebar 735 mm dan tinggi 1.165 mm. Rider harus berhati-hati ketika melakukan putar balik atau U-Turn di jalan yang sempit.

Otolovers penggila kecepatan dan tertarik dengan si buas Suzuki Hayabusa? Silakan siapkan mahar senilai Rp 399 juta untuk harga on the road Jakarta.

Suzuki Hayabusa, Motor Kencang untuk Penggila KecepatanMenguji Suzuki Hayabusa Foto: Hasan Al Habshy


Berikut detail spesifikasi Suzuki Hayabusa:

Tipe mesin: 4 tak, 4 silinder, pendingin cairan, DOHC
Kapasitas mesin: 1.340 cc
Bore x Stroke: 81.0 mm x 65.0 mm
Rasio kompresi: 12,5:1
Transmisi: 6 percepatan, constant mesh

Panjang keseluruhan: 2.190 mm
Lebar keseluruhan: 735 mm
Tinggi keseluruhan: 1.165 mm
Wheelbase: 1.480 mm
Ground clearance: 120 mm
Ketinggian jok: 805 mm
Bobot: 266 kg

Suspesi depan: Inverted telescopic, coil spring, oil damped
Suspensi belakang: Link type, coil spring, oil damped
Rem depan: dua cakram
Rem belakang: cakram
Ban depan: 120/70ZR17M/C (58W), tubeless
Ban belakang: 190/50ZR17M/C (73W), tubeless
Kapasitas tangki bahan bakar: 21 liter. (rgr/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed