Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 30 Agustus 2017, 15:39 WIB

Ototest

Menguji Yamaha XMAX, Skuter Bongsor Bermesin 250 cc

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Menguji Yamaha XMAX, Skuter Bongsor Bermesin 250 cc Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku agen pemegang merek Yamaha di Indonesia kini menjadi produsen yang kuat bermain pada segem skuter bongsor (maxi skuter). Salah satunya adalah XMAX.

Skuter bongsor ini merupakan asli buatan pabrik Yamaha di Pulo Gadung, Jakarta, yang mengusung mesin 250 cc. Bukan hanya untuk pasar lokal, motor yang mempunyai jok lebar seperti sofa ini juga dikirim secara Completly Build Up (CBU) maupun Completly Knock Down (CKD) ke pasar Eropa dan Asia.

Nah, detikOto mendapat kesempatan untuk mencoba skuter bongsor Yamaha XMAX yang dibanderol Rp 55 juta. Penasaran dengan si badan bongsor bertenaga super ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Si Bongsor yang Bertenaga

Banyak yang bilang jika berbadan besar itu tenaganya payah. Namun anggapan tersebut tidak berlaku pada Yamaha XMAX. Skuter bongsor asli buatan Indonesia ini punya tenaga yang super.

Saking supernya, saat detikOto mencoba tarikan gas pertama setelah kontak motor yang menggunakan sistem keyless (sistem kunci tanpa anak kunci) dinyalakan, tenaga yang kencang langsung terasa, mesin dan roda seperti langsung berpadu tanpa proses terlebih dulu.

Menguji Yamaha XMAX, Skuter Bongsor Bermesin 250 ccFoto: Khairul Imam Ghozali


Hal tersebut karena XMAX ini mengusung mesin Blue Core 250 cc dengan performa paling besar di kelasnya. Mesin berpendingin cairan empat katup itu telah dikembangkan untuk akselerasi tinggi. Mesin juga lebih awet dan daya tahan yang kuat dengan Forged Piston & DiASil Cylinder.

Namun untuk pasar global Eropa khususnya XMAX dijual dengan mesin yang lebih tinggi yakni 300 cc.

Nyaman Dibawa Ngebut

Meski berbadan bongsor, Yamaha XMAX punya jok dan pijakan kaki yang lebar dengan kontur ganda. Dengan begitu, pengendara merasa nyaman saat mengendarai skuter bongsor buatan Pulo Gadung itu, sekalipun dibawa ngebut.

Motor di segmen skuter umumnya pasti sudah goyah karena angin jika dibawa ngebut di atas 100 km/jam, namun lain halnya dengan XMAX. Motor ini sama sekali tidak terasa seperti sedang melaju kencang, dan tetap nyaman ketika detikOto mencoba mengendarainya dengan kecepatan 120 km/jam.

Menguji Yamaha XMAX, Skuter Bongsor Bermesin 250 ccFoto: Khairul Imam Ghozali


Ditambah dengan desain suspensi depan sport dan ukuran tabung yang besar (33mm) memberikan kestabilan yang maksimal serta mendukung kesetabilan yang lebih baik. Juga sistem Anti-lock Brake (ABS) dan double disc brake pada kedua rodanya, membuat nyaman serta aman.

Namun ingat Otolovers, jika tidak berhati-hati dan kemampuan berkendara tidak terlalu mumpuni, sebaiknya jangan coba ngebut dengan XMAX.

Desain Sport dan Elegan

Selain memiliki tenaga yang kuat, dan kenyamanan yang begitu terasa. Yamaha XMAX juga memiliki desain yang sporty nan elegan.

Meski sporty, kesan elegan juga ada pada motor ini, dengan perpaduan yang indah antara lampu depan dan belakang yang dilengkapi dengan LED dan Daytime Running Light (DRL).

Menguji Yamaha XMAX, Skuter Bongsor Bermesin 250 ccFoto: Khairul Imam Ghozali


Ultimate design dengan DNA MAX YAMAHA, body sporty dan dinamis menunjukkan karakter sepeda motor dengan performa tinggi.

Selain itu, XMAX ini juga mempunyai bagasi yang cukup luas dengan lampu LED di dalamnya. Bagasi itu mampu menyimpan hingga dua helm full face ukuran XL, sangat praktis dan fungsional.

Kesimpulan

Meski berada di segmen skuter bongsor, motor ini sangat bertenaga dan nyaman dikendarai. Karena motor ini disokong mesin 250 cc dan desain jok nyaman serta pijakan kaki dengan kontur ganda.

Menguji Yamaha XMAX, Skuter Bongsor Bermesin 250 ccFoto: Khairul Imam Ghozali


Namun hal yang harus dicatat adalah hati-hati ngebut dengan XMAX, karena saking nyamannya ngebut pun tidak terasa, ini akan berbahaya bagi pengendara yang belum punya kemampuan berkendara yang cukup mumpuni. (khi/rgr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed