ADVERTISEMENT

Tak Ada Tombol Start, Bagaimana Cara Menyalakan Wuling Air ev?

Hafizh Gemilang - detikOto
Selasa, 16 Agu 2022 14:56 WIB
Wuling Air Ev
Wuling Air ev dapat dinyala-matikan dengan cara yang tidak umum, sebab tidak ada rumah kunci konvensional ataupun tombol engine start/stop di mobil ini(dok. Wuling)
Jakarta -

Air ev hadir sebagai mobil listrik pertama Wuling di Indonesia. Menariknya untuk menyalakan dan mulai mengendarai mobil mungil ini cukup unik.

Umumnya, mobil bisa dinyalakan dengan cara memutar kunci di rumah kuncinya. Atau dalam mobil kekinian yang sudah mengusung model kunci keyless, tinggal menekan tombol engine start/stop.

Namun berbeda di Air ev, sebab Wuling tak membekali mobil ini dengan rumah kunci konvensional ataupun tombol start/stop.

Yang perlu dilakukan oleh pemilik atau pengendara mobil listrik ini adalah cukup mengantongi anak kuncinya. Lalu mendekat ke mobil yang kondisinya terkunci, menekan tombol hitam di dekat kuncinya, dan masuk ke dalam kabin.

Setelah duduk di kursi pengendara, panel instrumen digital dari Wuling Air ev ini akan menyala dan memberi sambutan. Namun dalam kondisi ini, mobil belum dapat dikendarai.

Untuk mulai mengendarainya, kita tinggal memutar knob transmisi dari P atau parking ke D (Drive) untuk maju atau R (Reverse) untuk mundur. Selain itu, nonaktifkan juga fitur rem parkir elektrik.

Setelah melakukan beberapa langkah tadi, pengendara tinggal menginjak pedal akselerator atau pedal gas dan mobil dapat melaju layaknya mobil konvensional.

Untuk mematikannya juga cukup mudah. Setelah mobil berhenti total, kita tinggal mengganti posisi shifter dengan cara memutar knob ke mode P atau parking.

Lalu aktifkan rem tangan elektrik dengan cara mengangkat tuasnya dan mobil sudah dalam kondisi siap ditinggalkan.

Setelah tahapan tadi dilakukan, pengendara tinggal keluar dari Wuling Air ev dan mengunci mobil dengan cara menekan tombol hitam di dekat handle pintu atau menekan tombol 'lock' di kunci keyless-nya.



Simak Video "Mulai Rp 850 Ribuan, Wuling Air EV Ternyata Bisa Disewa Harian"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT