SUV Rasa LCGC, Segini Hasil Konsumsi BBM Hyundai Creta

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 27 Mar 2022 12:07 WIB
Hyundai Creta Prime
Wujud Hyundai Creta yang dites oleh tim detikOto (Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto)
Jakarta -

Salah satu indikator mobil yang pas dipakai untuk harian adalah dari efisiensi konsumsi bahan bakar (BBM). Lantas berapa hasil tes detikOto terhadap konsumsi BBM Hyundai Creta?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, tentu kita perlu mengetahui dapur pacu dan juga karakter berkendara dari mobil yang dites.

Hyundai Creta PrimeMesin Hyundai Creta Prime Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Hyundai Creta dibekali mesin bensin Smartstream 1.5L dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan atau Intelligent Variable Transmission (IVT). Di atas kertas, mesin itu memiliki tenaga maksimum 115 PS/6.300 rpm dan torsi maksimum 143,8 Nm/4.500 rpm.

Pada ototest kali ini, kami menjajal tipe Prime yang menggunakan transmisi otomatis IVT. Kesan kami saat mencoba berakselerasi, perpindahan transmisi IVT ini terasa begitu responsif dan juga halus. Jika ingin merasakan transmisi 'manual' secara virtual, kita dapat menggunakan paddle shift, atau menggeser tuas shifter ke posisi S.

Kami terkesan dengan transmisinya, meskipun sensasi perpindahan gigi dilakukan secara virtual, namun rasanya seperti nyata. Tarikan sangat responsif, bahkan jika butuh respon mesin mendadak, tinggal colek paddle shift dan mobil akan ngacir.

Meskipun figur tenaga dan torsi dari Hyundai Creta bukan yang terbaik di kelasnya, nyatanya tenaga dan torsi yang segini saja sudah lebih dari cukup. Tak lupa, mesinnya ini juga tergolong efisien.

Hyundai Creta PrimeHyundai Creta Prime mencatatkan angka 20 km/liter untuk konsumsi bahan bakar rata-rata rute tol Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Dari pengetesan kami untuk rute road trip dari kantor detikcom yang berada di bilangan Jakarta Selatan ke daerah Purwakarta dengan rute 90% tol, Hyundai Creta bisa mencatatkan angka yang fantastis untuk konsumsi bahan bakarnya. Dengan total jarak tempuh sekitar 77,1 km dan durasi berkendara 58 menit, konsumsi BBM rata-rata Hyundai Creta dapat di angka 20.0 km/liter di MID-nya.

Jelas angka yang fantastis mengingat bobot mobil ini tak ringan dan rute yang kami tempuh pun cenderung menanjak. Kami juga menggunakan mode normal selama pengetesan dan mobil hanya diisi satu orang yakni pengendara.

Sedangkan untuk tes dalam kota dengan kecepatan rata-rata 20 km/jam, Hyundai Creta ini dapat mencatatkan angka konsumsi BBM di 13,5 km/liter. Bukan angka yang buruk dan cenderung efisien untuk sebuah mobil harian di perkotaan.

Hasil konsumsi BBM Hyundai Creta yang tembus angka 20 km/liter untuk rute tol atau luar kota, tentu kurang-lebih setara dengan konsumsi bbm kendaraan bermotor hemat energi dan harga terjangkau (KBH2) atau low cost green car (LCGC) yang ditetapkan minimal 20 kilometer untuk 1 liter.

Tonton ulasan lengkap Hyundai Creta tipe Prime di kanal 20detik dan juga kanal YouTube detikOto!

(mhg/rgr)