Adu Drag Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander: Siapa Lebih Kencang?

Luthfi Anshori, Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Rabu, 23 Feb 2022 06:23 WIB
Jakarta -

Pasar LMPV dibuat panas sejak hadirnya duo fenomenal ini, yakni Toyota All New Avanza dan Mitsubishi New Xpander. Keduanya mengusung mesin, penggerak roda, hingga transmisi yang seragam. Lantas siapa yang lebih kencang?

Adu drag Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander ini kami lakukan secara aman di sirkuit Proving Ground milik Bridgestone Indonesia di Karawang, Jawa Barat. Kami memilih salah satu lintasan yang berjarak kurang lebih 300 m.

Ototest komparasi Toyota Avanza vs Mitsubishi XpanderAdu drag Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander Foto: Agung Pambudhy/detikOto

Kedua mobil diisi penuh bensinnya agar pengetesan akurat dan dites oleh satu pengemudi. Pengetesan dilakukan tanpa menggunakan AC, posisi transmisi di S untuk Avanza, dan Ds untuk Xpander. Agar hasilnya lebih kaya dan progresif, kami melakukan tiga kali run.

Run pertama, Avanza berhasil mencatatkan waktu 00.15,97 detik, sedangkan Xpander dapat di angka 00.16,44.

Run kedua, Avanza semakin cepat dan berhasil mencatatkan waktu 00.15,75. Xpander pun kian membaik catatan waktunya, kami berhasil memperoleh waktu 00.15,88.

Di run terakhir, Avanza menuntaskan jarak 300 meter dalam waktu 00.15,49, sedangkan Xpander terpaut 0,15 detik yakni 00.15,64.

Perlu diketahui, Toyota All New Avanza 1.5 G CVT TSS dan Mitsubishi New Xpander Ultimate yang kami tes, sama-sama menggendong mesin DOHC, 4-silinder segaris, dan menggunakan 16 buah valve.

Perbedaan paling mendasar dari kedua mobil ini terletak pada karakter penyaluran tenaganya. Avanza hadir dengan karakter tenaga yang sangat kuat di putaran bawah, sedangkan masuk ke tengah mulai kalem. Sebaliknya, Xpander hadir lebih kalem di tarikan bawah dan mulai 'nonjok' di tarikan tengah ke atas.

Faktor yang juga jadi pembeda dari karakter penyaluran tenaga kedua mobil ini, menurut kami juga dipengaruhi oleh bobot serta dimensinya. Avanza hadir lebih kompak ketimbang Xpander, meski tak signifikan.

Tak heran saat sesi drag test, Avanza langsung ngacir dari pertama kali start. Namun di trek yang panjang, Xpander lebih bertenaga dan kencang akselerasinya.

Menurut kami, tuning-an ECU dari Avanza dibuat lebih ramah untuk perkotaan dan pas ketika dipakai di jalanan macet atau padat merayap. Sedangkan Xpander, lebih asyik dibawa jalan di jalanan yang bebas hambatan atau trip ke luar kota.

Kendati demikian, kedua mobil tetap asyik digunakan. Tenaga terasa instan dan penyaluran tenaga dari mesin ke roda terasa halus berkat transmisi baru, yakni CVT.

Namun di atas kertas, kapasitas mesinnya sedikit berbeda. Toyota All New Avanza 1.5 G CVT TSS mengusung mesin berkapasitas 1.499 cc berteknologi Dual VVT-i.

Ototest komparasi Toyota Avanza vs Mitsubishi XpanderOtotest komparasi Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander Foto: Agung Pambudhy/detikOto

Sedangkan untuk Mitsubishi New Xpander Ultimate menggendong mesin yang sedikit lebih kecil kapasitasnya, yakni di 1.496 cc berteknologi MIVEC.

Di atas kertas, Toyota mengklaim mesin 1.5 dari Avanza ini punya tenaga maksimal 106 PS di 6.000 RPM sedangkan Mitsubishi New Xpander terpaut satu angka, yakni 105 PS di 6.000 RPM.

Untuk urusan torsi, Xpander lebih unggul dari Avanza. Di atas kertas, Avanza punya torsi puncak 137 Nm di 4.200 RPM. Sedangkan Xpander dapat di angka 141 Nm di 4.000 RPM.

(mhg/din)