Uji Konsumsi BBM Daihatsu Rocky 1.0 Turbo, Ternyata Lumayan Irit untuk Harian

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 21 Jun 2021 13:48 WIB
Penampakan Daihatsu Rocky saat Ototest di kawasan Jakarta, Jumat (18/6/2021).
Daihatsu Rocky 1.0R TC CVT ASA yang dites oleh tim detikOto Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Daihatsu Rocky digadang-gadang akan menjadi mobil sejuta umat layaknya Avanza dan Xenia. Dengan memiliki kelebihan irit konsumsi bahan bakar yang menjadi pertimbangan untuk beberapa orang.

Kali ini detikOto menjajal seberapa irit sih Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ASA dikendarai selama tiga hari dan dijadikan mobil harian yang menemani aktivitas.

Konsumsi Bahan Bakar Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ASA yang dilakukan oleh detikOtoKonsumsi Bahan Bakar Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ASA yang dilakukan oleh detikOto Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Hasilnya, dengan gaya berkendara yang cenderung agresif dan beberapa kali menggunakan mode PWR, detikOto mendapatkan hasil konsumsi bahan bakar rata-rata di angka 14.6 km/L.

Hasil ini kami dapatkan setelah melewati rute khas pengguna mobil harian, yang melewati rute jalanan padat pengguna jalan, jalanan sepi hingga melalui jalan tol.

Dalam beberapa kesempatan di jalanan sepi pun, kami tidak jarang menginjak gas secara dalam untuk mencoba tarikan mobilnya.

Selain itu untuk mendapat hasil yang lebih riil, kami juga sesekali mengisi penumpang dan barang ke mobil yang kami tes ini.

Hasil tes yang detikOto dapatkan ini, terpaut 2.4 hingga 3.4 km/L dari hasil pengetesan internal yang Daihatsu lakukan.

"Dari hasil pengetesan (internal) konsumsi bahan bakar Daihatsu Rocky 1.0 itu bisa mencapai 17 hingga 18 kilometer per liter. Itu yang mengetes tim R&D ADM di jalanan umum. Jadi irit sekali kan?," kata Marketing Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, dalam konferensi pers virtual.

Namun menurut detikOto, bukan tidak mungkin angka 17-18 km/L untuk konsumsi bahan bakar itu didapatkan. Dengan rute berkendara yang lebih lancar dan gaya berkendara yang lebih ekonomis, tentu hasil konsumsi bahan bakar yang lebih irit akan didapatkan.

Dari hasil pengetesan yang kami dapatkan, menurut kami Daihatsu Rocky dengan mesin 1.000cc 3 silinder turbo ini memang pas digunakan sebagai kendaraan sehari-hari.

Selain karena irit, mesin yang dibenamkan Daihatsu ke balik kap Rocky ini adalah mesin yang bertenaga. Menurut kami Rocky ini cocok untuk rute yang banyak berhenti lalu maju atau stop and go, karena karakter mesinnya yang cenderung buas di tarikan bawah.



Simak Video "Daihatsu Rocky, Calon Mobil Sejuta Umat"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/lth)