Selasa, 04 Feb 2020 08:16 WIB

Ototest

Uji Ketangguhan VW Tiguan Allspace, Penantang CR-V dari Jerman

Luthfi Anshori - detikOto
Test Drive VW Tiguan Allspace ke Bandung Foto: Dok. Volkswagen

Saat digunakan berkendara di dataran tinggi Ciwidey, tenaga Tiguan Allspace sudah cukup untuk melibas tanjakan dan jalanan berkelok. Di samping itu, feed back setir pun cukup cepat dan akurat saat digunakan bermanuver cepat dan tiba-tiba.

Tak hanya melewati jalanan mulus, kami pun sesekali mencoba jalanan tidak rata dan berkerikil. Di kondisi jalan seperti itu bantingan suspensi Tiguan Allspace terasa cukup keras. Namun jika muatan orang dan barang di dalam kabin cukup banyak, bantingan suspensi yang keras itu barangkali tidak masalah.

Untuk konsumsi bahan bakarnya, setelah menempuh jarak kurang lebih 176 km, Tiguan Allspace mencatat konsumsi bahan bakar rata-rata 11,1 km/liter. Bahan bakarnya sendiri adalah Pertamax Turbo.

Bicara soal safety, mobil ini memiliki fitur keamanan cukup lengkap. Tiguan Allspace dilengkapi lampu LED daytime running lights (DRL), dengan fitur dynamic cornering lights (DCL). Fitur DCL membantu pengemudi mendapatkan hingga 90% pencahayaan yang lebih baik berkat sudut sorot lampu yang dapat berputar mengikuti arah setir.

Beberapa fitur lain yang detikcom coba antara lain kamera 360° 'Area View', Electronic Parking Brake dengan Autohold, dan Park Assist System. Untuk fitur yang disebut terakhir cukup berguna membantu pengemudi yang belum mahir memarkir mobil. Namun fitur Park Assist System ini tidak sepenuhnya dikendalikan oleh sistem komputer. Fitur Park Assist System masih membutuhkan pengoperasian gas, rem, dan transmisi secara mandiri. Selain itu pengemudi juga wajib menggunakan sabuk pengaman.

Sementara untuk fitur hiburan, Tiguan Allspace dilengkapi panel layar sentuh 8,0 inci yang mendukung fitur Android Auto dan Apple CarPlay. Penumpang dalam kabin pun tidak merasa bosan, karena bisa memanfaatkan fitur Apple CarPlay untuk sekadar memutar musik melalui aplikasi Spotify. Namun untuk fitur Android Auto, memang cukup sulit dioperasikan, Sebab tidak semua perangkat smartphone mendukung layanan ini.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Iklannya Berbau Rasis, Volkswagen Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]

(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com