Minggu, 10 Nov 2019 17:06 WIB

First Drive VW Tiguan Allspace, Benar Bisa Muat 7 Orang?

Luthfi Anshori - detikOto
Test drive VW Tiguan Allspace/Foto: Luthfi Anshori.
Jakarta - PT Garuda Mataram Motor memberi kesempatan kepada media dan konsumen untuk menjajal kenyamanan Volkswagen (VW) Tiguan Allspace. Acara yang dikemas dalam Volkswagen Drive Festival ini diselenggarakan di Aquatic Stadium, Senayan, Jakarta, selama dua hari (9-10/11/2019). detikcom pun menjadi salah satu media yang turut menjajal mobil SUV rakitan Cikampek ini. Seperti apa rasanya?

Pertama kali masuk ke kabin VW Tiguan Allspace, kesan mewah langsung terasa. Mobil ini menggunakan material kulit untuk melapis joknya. Pada jok pengemudi, ketinggian dan kemiringan jok bisa diatur melalui tombol elektrik. Tersedia juga fitur memori untuk menyimpan setingan jok pengemudi.


Test drive VW Tiguan AllspaceTest drive VW Tiguan Allspace Foto: Luthfi Anshori


Saat memegang lingkar setir, kesan sporty begitu terasa. Sebab setir VW Tiguan Allspace sudah mengusung model flat bottom steering. Selain itu, material kulit yang terdapat di setir juga membuat cengkeraman tangan menjadi lebih nyaman.

Lanjut ke rasa berkendara, VW Tiguan Allspace mengusung mesin 1,4 liter TSI dengan teknologi turbo. Mesin itu bisa memuntahkan tenaga maksimal hingga 150 dk pada 5.000-6.000 rpm dan torsi 250 Nm pada 1.500-3.500 rpm. Mesin ini dikombinasikan dengan sistem transmisi dual clutch 6-percepatan.


First Drive VW Tiguan Allspace, Benar Bisa Muat 7 Orang?Foto: Luthfi Anshori


VW Tiguan Allspace dilengkapi 4 mode berkendara, yakni normal, comfortable, sporty, individual, dan eco style. Karena trek test drive yang hanya berjarak 2 km, detikcom hanya menjajal dua mode berkendara, normal dan sport.

Pada mode normal, respons mesin terasa biasa saja, tapi begitu diganti ke mode sport respons mesin langsung berasa galak. Putaran mesin (rpm) langsung bergerak cepat ketika pedal gas diinjak. Catatan lain, gejala jeda atau turbo lag pun tidak terasa di mesin VW Tiguan Allspace.


First Drive VW Tiguan Allspace, Benar Bisa Muat 7 Orang?Foto: Luthfi Anshori


Sementara untuk pengendalian, setir VW Tiguan Allspace ini cukup ringan. Namun setelah dibelokkan, setir tidak cepat kembali ke posisi semula. Selain itu, saat dikendarai VW Tiguan memiliki kabin yang sangat kedap, tidak ada road noise yang masuk ke bagian dalam. Namun untuk suara mesin, masih bisa kedengaran.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kontes Modifikasi VW Antik, Sidoarjo"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com