Kamis, 29 Agu 2019 19:04 WIB

Ototest: Test Performa dan Keiritan Ertiga

M Luthfi Andika - detikOto
3 2. Konsumsi Bahan Bakar dan performa
Halaman 3 dari 4
Foto: dok. Suzuki

Berdasarkan data pabrik, All New Suzuki mengusung mesin K15B, DOHC, VVT dengan kapasitas mesin 1.462cc. Mesin ini dijanjikan mencapai 104,7 PS di RPM 6.000 dan memiliki torsi mencapai 138 Nm di 4.400 RPM.

Dan dalam penghitungan kali ini dengan jarak tempuh dari pabrik Suzuki di Cikarang menuju Keraton Kesepuhan yakni mencapai All New Ertiga GX yang dikendarai dan ditumpangi detikcom, berhasil mencapai 21,39 kpl (kilometer per liter) dengan jarak tempuh 184 km (pengujian fuel to fuel).

Memang konsumsi bahan bakar All New Ertiga ini tergantung dari kepiawaian kaki pengendara. Meski demikian fitur Eco Driving ala All New Ertiga sangat membantu untuk menekan konsumsi bahan bakar. Pencapaian angka konsumsi bahan bakar ini dilakukan dengan perjalanan normal menggunakan AC dipengaturan tingkat dua dan kecepatan rata-rata 60-80 km/jam.

Saat menuju Jakarta, detikers berhasil dibuat takjub dengan performa All New Ertiga. Mobil Jepang ini meski rasanya tidak berubah, masih menawarkan ketangguhan di atas aspal.

All New Ertiga tipe GX ini mampu mencapai kecepatan hingga 170 km/jam. Transmisi yang lembut sangat terasa, bahkan saat perpindahan transmisi perubahan tenaga sangat terasa. Bahkan mobil ini sangat memuaskan kaki saat menginjak pedal gas All New Ertiga.

(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com