Kamis, 22 Agu 2019 10:45 WIB

Begini Rasanya Mengajak Jalan Jauh DFSK Glory 560

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Luthfi Anshori Foto: Luthfi Anshori
Jakarta/Sukabumi - Hadir sebagai pendatang baru di segmen medium SUV, DFSK Glory 560 langsung mencuri perhatian konsumen dengan harga yang menarik, plus dilengkapi banyak fitur canggih. Dengan banderol mulai Rp 189 juta hingga Rp 239 juta, apakah mobil ini bisa diandalkan untuk mobilitas perkotaan dan touring luar kota?

detikcom mendapat kesempatan menjajal performa dan ragam fitur Glory 560 1.5L Turbo CVT L-type dalam aktivitas touring Jakarta-Sukabumi yang diadakan oleh DFSK, pada Selasa (20/8/2019).



Lalu seperti apa impresi mengendarai Glory 560 dengan jarak tempuh kurang lebih 71 km, Jakarta-Sukabumi?

Mari kita mulai cerita ini dengan momen saat memasuki kabin Glory 560. Glory 560 1.5L Turbo CVT L-type sudah mengusung sistem keyless. Saat ingin membuka pintu, tinggal dekatkan remote keyless dan pencet tombol di tuas, lalu pintu bisa dibuka.

Begini Rasanya Mengajak Jalan Jauh DFSK Glory 560Foto: Lamhot Aritonang


Setelah detikcom duduk di jok depan Glory 560 varian tertinggi ini, kesan mewah langsung terasa. Material kulit di jok dan material soft touch yang menyelimuti area dasbor, lingkar kemudi, serta doortrim baris kursi pertama dan ketiga memperkuat kesan mewah itu. Menariknya lagi, sudah ada aksen jahitan asli dengan benang warna merah yang bikin mobil ini makin sporty. Kesan sporty juga terlihat dari aplikasi lapisan bercorak karbon di area dasbor dan door trim.

Begini Rasanya Mengajak Jalan Jauh DFSK Glory 560Foto: Luthfi Anshori


Untuk ukuran mobil berharga Rp 239 juta, sistem multimedia yang ada disuguhkan Glory 560 cukup komplit. Di lingkar setir sudah ada tombol-tombol yang bisa untuk mengoperasikan head unit double din bergaya pop up. Fitur di head unit tersebut juga tergolong lengkap, ada aux, USB, bluetooth telephony, dan radio FM. Untuk sistem audionya sendiri sudah dilengkapi tweeter. Saat dicoba untuk mendengarkan musik sepanjang perjalanan, ngebas cuy.



Lanjut membahas rasa mengemudi dari Glory 560 1.5L Turbo CVT L-type, mobil ini menawarkan performa yang cukup memuaskan di segala kondisi jalan. Misal saat menerabas kemacetan sepanjang Arteri Pondok Indah menuju gerbang Tol Pondok Pinang, gas tidak perlu diinjak dalam-dalam. Pengemudi juga tidak mengalami kendala soal dimensi, sebab bodi Glory 560 tidak sebesar yang dibayangkan, jika dilihat dari dalam kabin.

Selepas melewati jalan umum, mobil langsung melewati jalan tol secara penuh hingga Sukabumi. Di sinilah pengujian sesungguhnya mesin turbo 1.500 cc, CVT, dengan tenaga 150 PS dan torsi 230 Nm, berpenggerak roda depan.

Begini Rasanya Mengajak Jalan Jauh DFSK Glory 560Foto: Luthfi Anshori


Kombinasi mesin turbo dengan sistem transmisi CVT sukses membuat mobil ini berlari kencang. Catatan kami, mobil bisa digeber di atas 150 km/jam, dengan putaran mesin yang bermain di angka 3.000 rpm. Meski digeber kecepatan tinggi, mobil ini ternyata punya peredaman cukup baik. Kabin masih cukup senyap dan terhindar dari road noise yang dihasilkan putaran ban.

Tidak hanya kabinnya yang senyap, mobil ini juga punya keunggulan dari sisi suspensi. Keempat sokbreker independen MacPherson mampu membuat pengemudi dan penumpang dalam kabin nyaman. Artinya, bantingan suspensi empuk, namun tidak limbung kala digunakan untuk ngebut.

Begini Rasanya Mengajak Jalan Jauh DFSK Glory 560Foto: Luthfi Anshori


Mobil dengan sistem sasis monokok ini juga tidak mengalami gejala body roll berlebih saat mobil dipakai menikung dengan kecepatan cukup tinggi.



Lalu bagaimana konsumsi bahan bakarnya? Sulit untuk menghitung pasti berapa konsumsi bahan bakar rata-rata dari Glory 560 1.5L Turbo CVT L-type. Sebab mobil ini tidak dilengkapi fitur average fuel consumption di panel indikatornya.

Deputy Product Division Head PT Sokonindo Automobile, Ricky Humisar, mengatakan Glory 560 sudah pernah diuji konsumsi bahan bakarnya oleh lembaga independen.

"Pernah dilakukan uji coba dengan pihak ketiga yang punya kredibilitas, yakni BPPT. Dan didapat angka 12,66 km/liter," kata Ricky, di Sukabumi.

Simak Video "Geber DFSK Glory 560 Jakarta-Sukabumi"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com