Kamis, 11 Jul 2019 18:06 WIB

Voice Command Wuling Almaz, Bisa Buat Buka Sunroof atau Atur AC

Luthfi Anshori - detikOto
Wuling Almaz Foto: Pradita Utama Wuling Almaz Foto: Pradita Utama
Jakarta - Tak hanya menambah konfigurasi tempat duduk Almaz dari 5 orang menjadi 7 penumpang, Wuling Motors Indonesia juga memberi update penting pada model Wuling Almaz terbaru yang akan meluncur di pameran GIIAS 2019 nanti.

Pembaruan ini berupa penambahan fitur voice command atau perintah suara. Fitur ini bisa dioperasikan menggunakan Bahasa Indonesia dan disebut sebagai Wuling Indonesian Command (Wind). Teknologi perintah suara tersebut langsung terkoneksi dengan panel layar sentuh 10,4 inci.

Voice commandVoice command Foto: Luthfi Anshori




Ada tiga metode yang bisa dilakukan pengemudi Wuling Almaz untuk mengaktifkan fitur canggih. Pertama bisa dengan cara menekan tombol 'voice command' yang ada di bagian kanan atas setir mobil.


Pijit tombol di setir kananPijit tombol di setir kanan Foto: Luthfi Anshori


Cara kedua bisa dengan menekan tombol 'suara' di bagian bawah kiri dari layar sentuh. Dan cara ketiga, pengemudi bisa langsung mengucap kata kunci dengan kalimat 'Halo Wuling'. Teknologi ini menerima perintah suara dari lubang speaker yang terletak di bagian atas dekat tombol lampu kabin depan.

Dari pengetesan yang dilakukan teknologi ini cukup responsif menerima perintah dari pengemudi. Memang sempat ada momen di mana fitur ini tidak merespons perintah, tapi selanjutnya fitur Wind ini selalu sigap menerima perintah.

Asyiknya lagi, fitur perintah suara ini tidak hanya bisa dilakukan oleh penumpang baris depan. Penumpang di baris kedua juga bisa menggunakan voice command ini. Saat detikcom mencobanya, fitur ini cukup responsif saat diperintah membuka sunroof dan mengubah suhu AC dalam kabin.

Secara lebih rinci, voice command di Wuling Almaz 7-seater ini bisa menerima perintah untuk mengoperasikan berbagai fitur kendaraan, seperti pendingin udara, jendela, panoramic sun roof, dan untuk mengakses hiburan seperti musik, radio, melakukan panggilan telepon, menjalankan aplikasi Wuling Link dan TPMS, termasuk memperbesar atau mengecilkan volume, serta menanyakan tanggal dan waktu saat ini.



"Tahun kedua Wuling berkarya di Indonesia memberikan kami semangat terus berinovasi dengan teknologi terdepan untuk meningkatkan pengalaman Drive For A Better Life. Salah satunya wujud implementasi Wind, fasilitas voice command interaktif dengan bahasa sehari-hari pertama kali pada varian baru Almaz," kata Vice President Wuling Motors Cindy Cai.

Simak Video "Makin Canggih, Wuling Almaz Kini Punya Voice Command"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com