Senin, 27 Mei 2019 11:09 WIB

Ototest

Low MPV Rasa Sedan, Honda Mobilio

Dadan Kuswaraharja, Ruly Kurniawan - detikOto
Honda Mobilio 2019 Foto: Rengga Sancaya Honda Mobilio 2019 Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Honda tak ingin ketinggalan meramaikan pasar mobil Low MPV terbaru dengan merilis New Mobilio bulan Februari lalu. Sekilas memang tak banyak perubahan yang terjadi, namun dengan tidak menaikkan harga jualnya mobil disebut lebih valuable.

Seperti apa performanya? detikcom mencoba Honda Mobilio RS CVT di track Proving Ground milik Bridgestone di Karawang, Jawa Barat.

Honda Mobilio RS CVT di Proving Ground Bridgestone, KarawangHonda Mobilio RS CVT di Proving Ground Bridgestone, Karawang Foto: Rengga Sancaya




Honda hanya sedikit mempercantik pada bagian eksterior dan interiornya saja. Yakni bagian lampu utama yang kini sudah menggunakan model proyektor jadi lebih keren, lampu LED DRL untuk visibilitas yang lebih baik, tambahan chrome di depan dan belakang, serta aerokit pada seluruh tubuh mobil. Pelek 15 incinya juga jadi terlihat sangar berkat desain barunya. Sehingga, mobil keluarga 7-penumpang dari Honda ini terlihat lebih sporty dan modern.

Honda MobilioHonda Mobilio, lampu proyektor dan LED DRL nya mempercantik tampilan mobil Foto: Rengga Sancaya


Sedangkan bagian interiornya cukup banyak perbedaan khususnya pada dashboard. Satu fitur yang benar-benar baru adalah wujud head unitnya, yang kini ukurannya cukup besar 8 inci untuk tipe RS CVT ini.

Low MPV Rasa Sedan, Honda MobilioFoto: Rengga Sancaya



Audio ini bisa disambungkan dengan telepon genggam lewat aplikasi Web Link. Jadi, penumpang tambah betah di dalam mobil sebagaimana dirasakan detikOto. Di dalam kabin, nuansa sporty juga semakin kuat dengan sentuhan warna oranye di dasbor dan jahitan pada kursi mobil, serta desain baru pada bagian meter cluster berlogo RS.

Honda MobilioHonda Mobilio Foto: Rengga Sancaya


Untuk akomodasi, bagasi Mobilio cukup luas, bisa membawa berbagai barang kebutuhan Anda, seperti koper atau sepeda untuk bermain-main di pegunungan. Selama perjalanan, detikOto memang tak merasakan sesuatu perbedaan dibanding Mobilio model terdahulunya. Hanya saja memang nuansanya sedikit berubah menjadi lebih sporty. Meski tampil lebih sporty, Honda tetap membuat Mobilio lebih berasa nyaman, ya mirip-mirip mobil sedan.

Selain itu ruang kaki (leg room) baris ke-2 juga lebih nyaman untuk sekelas mobil Low MPV.



Terkait 'tendangan' mobil, cukup baik bila digunakan di dalam perkotaan. Mesin bensin 1,5 liter i-VTEC yang bisa menghembuskan tenaga 118 PS pada 6.600 rpm dan torsi sebesar 145 Nm pada 4.600 rpm memang patut diakui. Tenaga mobil ini diklaim Honda paling besar di kelasnya. Terlebih transmisinya sudah CVT Earth Dreams Technology. Perpindahan giginya terasa smooth, ketika pedal gas diinjak, memang tidak langsung responsif tapi tetap bertenaga. Untuk konsumsi BBM melihat data rata-rata MID 10,8 km per liter dengan rute perkotaan dan jalan tol.

Transmisi Lebih asyik di S, langsung ngacirTransmisi Lebih asyik di S, langsung ngacir Foto: Rengga Sancaya


Hal yang harus detikOto garis bawahi lagi adalah tentang kekedapan suara. Memang tak berubah signifikan, tapi rasanya ada sedikit improvement pada Mobilio terbaru ini. Sehingga, bila dikombinasikan dengan suspensi yang nyaman, mobil benar-benar ampuh dijadikan kendaraan keluarga.

Jadi, Mobilio baru ini bisa dibilang masih value for money. Sangat sesuai dengan kebutuhan tipe konsumen basic function dan smart user atau digunakan harian. Namun memang, patut disayangkan bahwa Honda hanya sedikit memberikan sentuhan pada Mobilio.


Bagasinya cukup luasBagasinya cukup luas Foto: Rengga Sancaya


Fitur dan Harga Honda Mobilio 2019

Untuk keselamatan pengendara, New Honda Mobilio menggunakan rangka G-CON + ACE TM untuk meredam benturan saat terjadi kecelakaan, serta dilengkapi Dual Front SRS Airbags untuk perlindungan lebih lengkap. Sistem pengereman New Honda Mobilio juga didukung dengan ABS + EBD, sedangkan khusus untuk varian New Honda Mobilio RS ada fitur Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA).

Sentuhan di bagian belakang MobilioSentuhan di bagian belakang Mobilio Foto: Rengga Sancaya


Harga Honda Mobilio
S Manual Rp 194.000.000
E Manual Rp 214.500.000
E CVT Rp 225.500.000
RS Manual Rp 237.500.000
RS CVT Rp 248.000.000

Poin Plus:

- Kenyamanan berkendara
- Lampunya sudah proyektor dan ada DRL
- Lebih sporty

Poin Minus

- Desainnya belum mengalami update besar-besaran
- Belum memakai paddle shift

[Gambas:Video 20detik]




(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed